BELAJAR RC CAR HOBBIES : RC Hobi Untuk Pemula dan Mengetahui Lebih Detail Tentang Dunia RC Hobbies ( RC Drift / Touring )
Halo sobat blogger dimanapun berada udah lama saya gak nulis di blog ini , kebetulan sekarang nemuin hobby baru yang emang dari dulu pengen sekali buat terjun kedalamnya. nah ah setaun lupain blog rasanya pen balik kemasa lampau nulis artikel dan sharing dengan pembaca tapi !! kali ini saya ada rencana untuk lebih mengali dan berbagi informasi tentang RC Hobby terutama RC Drift. kebetulan belum lama 2 tahun saya terjun dari RC QD kelas mainan Sampai RC EP yang mahalnya selangit serasa makin lama makin terus ketarik kedunia ini awal mula ketika saya liat drifting di youtube yang keren keren dan akhirnya kena racunnya juga. Bay the way kebetulan di kota tempat tinggal saya saat ini Bogor komunitas rc masih jarang ditemui bahkan ada tapi sudah bubar. gak kehabisan akal saya dan 2 kawan seperjuangan iseng mendirikan komunitas BROWN Bogor RC Owners komunitas ini udah berjalan 2 tahun syukurlah disini saya dapetin banyak ilmu dari teman teman sesama hobby dan dari tim lain. oke segitu aja intronya kali ini saya akan berbagi ilmu yang sedikitnya saya punya buat kawan yang mau baru belajar RC DRIFT atau RC Hobbies dan saya juga sedikit akan bahas RC Touring walau tidak banyak karena pengalaman saya banyak di RC Drift jadi silahkan dibaca ya pelan pelan.
RC Drift ( Toys dan Hobby Grade )
Pengetahuan Dasar soal sistem :
- RC = Radio Control Banyak orang yang keliru dengan menyebut Remote Control, yang benar istilah disini adalah Radio Control, artinya ada suatu controllers (pengendali) dan controled (yang dikendalikan) yang menggunakan gelombang Radio, dulunya controller & controlled menggunakan gelombang MHZ AM / FM sistem kristal ciri ciri menggunakan antena panjang dan menggunakan channel sinyal yang kebanyakan 25,30,40,45,70,90 Mhz sehingga bisa ada kemungkinan sinyal beradu antara RC Satu dengan RC lainnya karena masalah channel sinyal yang sama dan biasa ditemukan di rc qd/mainan/toys dan transmitter seri lama sebelum diinovasi menjadi gelombang spektrum digital 2,4 GHZ. Ciri ciri menggunakan antena pendek kadang tidak terlihat di remot/transmitter dan berhubungan dengan Receiver yang terkonek dengan ESC juga sudah digital jadi tidak ada yang beradu sinyal mobil antara satu dengan lainnya ( kecuali glitching kadang terjadi ) karena sudah di pasangkan ke receiver yg sudah di pairing dengan transmitter
JENIS DAN TIPE RC :
Membedakan RC Kelas mainan dan RC Kelas Hobby berikut gambarnya dan penjelasannya
RC TOYS GRADE ( Kelas Mainan )
RC TOYS GRADE ( Kelas Mainan )
Gambar Jenis Chassis RC QD |
- RC QD ( Quick Drive ) ( Kisaran harga 200-500rb an ): RC Kelas ini bisa dibilang RC masuk masih kategori TOYS ( mainan ) karena RC Jenis ini tergolong RC yang hanya sekali pakai maka sparepart dan upgrade nya pun tidak ada , hanya mengandalkan Akal akalan dan modif kreativitas tertentu. untuk bro yang ingin terjun di dunia RC terutama drift saya sih tidak menyarankan untuk mengasah skill drift menggunakan RC QD karena rc jenis ini biasanya dimainkan anak anak dan sistemnya belum propo. tpi jangan putus asa dulu RC QD pun bisa lho dipakai sekedar ngesot bebas atau dimodifikasi tampilan sehingga terlihat keren. saya pun pernah main RC QD tapi itulah hanya optimalkan tampilan untuk performa saya rasa kurang. saya juga pernah mengupgrade RC QD menjadi RC PROPO tapi itulah dana tetap saja jadi mahal membeli semua perangkat elektronik dari RC PROPO gambar dibawah adalah QD yang di upgrade ke PROPO dengan modal berkisar 700rb an.
- RC QD memakay sistem easy to run maka pergerakan hanya 1 percepatan dan kecepatan sehingga kita tidak bisa mengatur kecepatan sesuai yang kita inginkan karena hanya 1 atau 2 speed yang keluar dari mesin bila tuas di tekan sedikit maka keluar speed tetep full bila kita tekan banyak maka tetap akan sama full begitu juga dengan sistem beloknya yang langsung berbelok tajam tanpa bisa belok pelan pelan. memakai PCB untuk elektroniknya dan dinamo brushed untuk motor penggeraknya dan batre biasanya batre susun berjenis Nicd/Nimh RC QD Pun ada 2 JENIS : RC QD Biasa ( mhz ) dan RC QD semi propo ( Ghz ) qd yang sudah semi propo biasanya tuas throttle ( gas ) maju mundurnya sudah bisa diatur sesuai yang kita tekan seperti rc propo yang pada umumnya hanya saja sistem penggerak belok nya masih seperti rc qd biasa. RC QD ada berbagai macam merek seperti : NQD 4WD Mhz , NQD 4WD 2,4Ghz Semi Propo , Sanzuan VMAX TURBO , Sanzuan VMAX Electrik , RANDA 2WD , Jundi , Drift King dll. yang rata rata harga di pasaran sekitar 250rb - 500rb rupiah saja.
REVIEW UNBOXING RC QD Newqida ( Rc kelas toys bagi yang berdana minim )
RC HOBBY GRADE ( Kelas Hobi )
Pembahasan RC ELEKTRIK ( EP )
Pembahasan RC ELEKTRIK ( EP )
- RC EP ( Elektrik Proportional ) ( Kisaran harga 1jt-20jt>> an ) : RC Kelas ini bisa dibilang RC yang sudah masuk kategori RC Hobbies , RC EP / Propo menggunakan sistem perangkat elektronik yaitu : ( ESC + Motor/Dinamo BL/BD + Batre Lipo/Nimh +Transmitter+Receiver+Servo ) RC EP Sudah dilengkapi dengan ESC ( Electronic Speed Controlled ) jadi sistem penggeraknya sudah seperti mobil sungguhan ketika kita tekan gas sedikit maka keluar speed pun pelan dan ketika kita tekan gas banyak maka mobil pun melesat kencang ( sama ketika kita membawa mobil/motor matic ) dan juga sistem beloknya yang sudah menggunakan servo control yang gunanya menggerakan steering secara belok proportional sama seperti sistem penggerak maju mundurnya. servo tidak hanya digunakan untuk belok saya bisa juga digunakan untuk throttle ( di rc engine ) dan sebagai penggerak wing di rc pesawat juga servo bisa digunakan untuk membuka sistem otomatis seperti bagasi dan kap mobil yang di kontrol melalu remot itu hasil gerak dari servo. RC EP ada berbagai macam merek dan kelasnya yaitu
Jadi kelas low entry ini bervariatif ya guys harganya dan biasanya sih ini buat orang yang gak mau ribet rakit rakit karena kebanyakan yang keluar itu RTR ( ready to run ) tapi biasanya spek yang ditawarkan pabrikan itu kurang memuaskan khususnya untuk drift seperti rata - rata belum ready to drift alias masih basic RC Touring atau 4WD 50:50 dan menggunakan elektronik minim spec seperti masih menggunakan battery nimh yang hanya kuat beberapa menit saja , menggunakan ESC dan Motor Brushed yang low speed dan low power biasanya model diatas sedikit susah di masalah sparepart dan option part karena memang untuk pemula yang gak mau ribet istilahnya kebanyakan duit karena rata rata rc jenis ini akan ditinggalkan pemiliknya dikala sudah upgrade ke kelas MID ENTRY
TIPS Budget Minim tapi ingin memiliki RC DRIFT yang ready to drift yaitu cari - cari informasi kepada rekan atau teman yang menjual RTR Murah pensiunan atau Barang - barang 2ND alias Second di forum forum rc drift di indonesia serta meminta arahan kepada orang yang sudah mengerti soal spek yang akan di bangun serta minta diskon bila perlu , intinya jangan salah beli RC Drift karena minim pengetahuan
Contoh tips ramuan untuk spek kit rc drift yang lumayan di kisaran 2-3 Juta rupiah Low to mid entry :
KIT Sakura D3 Second 700-800rb Include Fow , Elektronik Brushless ESC dan Motor ( COMBO ) low class 500rb , servo low class 150rb, Remot GT2 bawaan hsp 200rb , batre lipo murah sekitar 250rb , Charge analog 150rb , body dan ban 300rb = total 2.350.000 saja ( tapi ingat ini gambaran harga bila barang yang kita beli second semua ya kalau baru bisa lebih sepertinya ) dan kita sudah punya satu set RC Drift yang memang dilahirkan untuk drift biarpun spek murah dan low , karena dikemudian hari kita bisa pelan - pelan membangun dan mengupgrade kit jenis ini daripada kit jenis LOW ENTRY CLASS
KELAS MID ENTRY ( Standard ) : Berkisar antara 4 Juta s/d 6 Juta Rupiah sesuai spek mesin yang dipakai ( SAKURA , STREETJAM , MST , YOKOMO , WHITEWOLF , TEH , X RACING dll )
kelas ini biasanya spek paling standard bila kita merakit RC Drift dana yang dikeluarkan oleh pehobby untuk kelas yang dibilang ( aman ) spek yang sudah sesuai dan lumayan untuk latihan atau ikut kompetisi
KELAS PROFESSIONAL ( Competition ) : Berkisar antara 7 juta s/d 20 juta lebih sesuai spek mesin dan option part yang dipakai ( SAKURA , STREETJAM , MST , YOKOMO , ENROUTE , RCART , OVERDOSE , GRK GLOBAL dll )
kelas ini dibilang sudah hardcore dan sudah memiliki spek mesin , brand dan perlengkapan yang kompetitif untuk mengikuti kompetisi untuk bersaing dengan spek spek lawannya yang biasanya tidak kalah mahal karena di event kompetisi rc drift kita bisa menemukan bermacam macam spek rc drift.
TIPS Budget Minim tapi ingin memiliki RC DRIFT yang ready to drift yaitu cari - cari informasi kepada rekan atau teman yang menjual RTR Murah pensiunan atau Barang - barang 2ND alias Second di forum forum rc drift di indonesia serta meminta arahan kepada orang yang sudah mengerti soal spek yang akan di bangun serta minta diskon bila perlu , intinya jangan salah beli RC Drift karena minim pengetahuan
Contoh tips ramuan untuk spek kit rc drift yang lumayan di kisaran 2-3 Juta rupiah Low to mid entry :
KIT Sakura D3 Second 700-800rb Include Fow , Elektronik Brushless ESC dan Motor ( COMBO ) low class 500rb , servo low class 150rb, Remot GT2 bawaan hsp 200rb , batre lipo murah sekitar 250rb , Charge analog 150rb , body dan ban 300rb = total 2.350.000 saja ( tapi ingat ini gambaran harga bila barang yang kita beli second semua ya kalau baru bisa lebih sepertinya ) dan kita sudah punya satu set RC Drift yang memang dilahirkan untuk drift biarpun spek murah dan low , karena dikemudian hari kita bisa pelan - pelan membangun dan mengupgrade kit jenis ini daripada kit jenis LOW ENTRY CLASS
KELAS MID ENTRY ( Standard ) : Berkisar antara 4 Juta s/d 6 Juta Rupiah sesuai spek mesin yang dipakai ( SAKURA , STREETJAM , MST , YOKOMO , WHITEWOLF , TEH , X RACING dll )
kelas ini biasanya spek paling standard bila kita merakit RC Drift dana yang dikeluarkan oleh pehobby untuk kelas yang dibilang ( aman ) spek yang sudah sesuai dan lumayan untuk latihan atau ikut kompetisi
KELAS PROFESSIONAL ( Competition ) : Berkisar antara 7 juta s/d 20 juta lebih sesuai spek mesin dan option part yang dipakai ( SAKURA , STREETJAM , MST , YOKOMO , ENROUTE , RCART , OVERDOSE , GRK GLOBAL dll )
kelas ini dibilang sudah hardcore dan sudah memiliki spek mesin , brand dan perlengkapan yang kompetitif untuk mengikuti kompetisi untuk bersaing dengan spek spek lawannya yang biasanya tidak kalah mahal karena di event kompetisi rc drift kita bisa menemukan bermacam macam spek rc drift.
REVIEW dan UNBOXING RC ELECTRIC PROPORTIONAL
Untuk Pemula ( HSP Flying Fish / Exceed ) LOW ENTRY CLASS
Untuk Pemula ( HSP Flying Fish / Exceed ) LOW ENTRY CLASS
RC ELECTRIC PROPORTIONAL
DRIFT PROFESSIONAL CLASS ( COMPETITION )
DRIFT PROFESSIONAL CLASS ( COMPETITION )
Nah sudah sedikit mengerti kan soal RC Elektrik sekarang? karena itu tidak aneh bila hobby rc banyak digandrungi kaum dewasa karena sebab harga RC EP itu tidak tergolong murah bila kita kupas ilmunya lebih dalam lagi.
Pembahasan RC ENGINE
Pembahasan RC ENGINE
- RC GP ( Gasoline Proportional ) : RC Kelas ini bisa dibilang RC yang sudah masuk kategori RC Hobbies , RC GP / Engine Sistem proportionalnya tidak jauh berbeda dengan RC EP Elektrik tapi yang satu ini menggunakan bahan bakar yang biasanya disebut FUEL ( Methanol ) yang pada umumnya menjadi bahan bakar utama untuk menggeraki sistem mesin 2tak nya yang tidak jauh beda dengan mesin kendaraan bermotor. adapun beberapa RC GP yang menggunakan bensin/pertamax untuk menjadi bahan bakar utamanya namun biasa ditemu di rc monster atau rc berbadan besar skala 1:8 keatas. untuk rc sedan skala 1:10 biasanya menggunakan methanol.kadang orang menyebutnya dengan RC NITRO / RC BENSIN :D
REVIEW VIDEO RC GP EXCEED RC 4WD NITRO BUGGY ( RC GP Untuk Pemula )
- KIT/Chassis : Rangka atau basis sebuah RC. Kit Only berarti hanya chasis tanpa komponen dan elektronik lain. biasanya RC Drift yang diutamakan kualitas hanya menjual Kit Only dari pabrikan dan menyerahkan komposisi elektrik ke konsumen untuk merakit
- RTR (Ready To Run) : RC yang sudah siap pakai atau jalan dan tanpa tambah komponen lain udah tinggal gaspoll
- RTD ( Ready To Drift ) : RC yang diperuntukan untuk drift atau ready to drift udah siap ngesot enak tanpa upgrade ini itu.. biasanya sudah FOW ( Front one way ) , CS ( Countersteer ) adapun yang masih Gaya drift 50:50
- RTF ( Ready To Flight ) : Biasanya sebutan ini digunakan di dunia aeromodelling untuk status pesawat/heli yang sudah tinggal diterbangkan.
- ARTR ( Almost Ready To Run ) : biasanya kurang beberapa komponen untuk jalan seperti tinggal nambahkan battery atau remot. intinya RC yang hampir jadi perakitannya
Sistem penggerak 2WD dan 4WD di mobil sungguhan |
- 2WD ( 2 wheels drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan dua roda depan / belakang
- 4WD ( 4 wheels drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan empat roda, roda belakang dan depan
- RWD ( Rear Wheels Drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan roda belakang saja termasuk 2wd
- FWD ( Front Wheels Drive ) Sistem Penggerak yang memutarkan roda depan saja termasuk 2wd
- AWD ( All Wheels Drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan empat roda, roda belakang dan depan sama dengan 4WD
- TX ( Transmitter ) : adalah sebutan untuk sebuah alat kontrol yang biasa kita sebutREMOT , TX ada 2 jenis yaitu :
- 1. AM/FM atau MHZ (Megahertz) yang teknologinya masih mengandalkan sistem crystal pada remot jadi remot jenis ini menggunakan channel tertentu untuk menyambungkan remot dengan rc nya. jadi masih ada kemungkinan beradu sinyal mobil dengan mobil lain. contoh : 2 mobil berbeda tetapi dengan channel sama misalnya 40mhz dan ada 1 remot channel 40mhz maka kedua mobil tersebut bakal terkontrol oleh 1 remot. yang kedua teknologi terbaru 2. Digital GHZ ( Gigahertz ) remot jenis ini adalah inovasi teknologi baru yang dipakai oleh produsen transmitter masa kini teknologi ini memungkinkan tidak adanya sinyal beradu antara remot dengan remot lain karena sudah terpairing dengan RX ( Receiver ) nya yang sudah dipasangkan dengan remot tersebut. dan bentuknya yang simple tidak butuh kabel panjang maupun antena panjang menjulang menjadi andalan para drifter memilih remot dengan teknologi ini.
Receiver Sanwa RX471 |
- RX ( Receiver ) : sesuai namanya receiver adalah sebuah alat yang menerima pancaran sinyal dari TX ke RX Receiver dipasangkan / di pairing dengan Remot tertentu dengan cara binding. ibarat RX adalah teman sejodohnya TX / Remot.
- PCB ( Printed Circuit Board ) : atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya. PCB Di RC QD berfungsi sebagai otak utama elektrikal penggerak yang saling berhubungan dengan komponen lain di RC QD
Gambar PCB & RELAY RC QD - RELAY : Relay adalah saklar listrik/elektrik yang membuka atau menutup sirkuit/rangkaian lain dalam kondisi tertentu. Jadi relay pada dasarnya adalah sakelar yang membuka dan menutupnya ( open dan closenya) dengan tenaga listrik melalui coil relay yang terdapat di dalamnya. Pada awalnya sebuah relay di anggap memiliki coil/lilitan tembaga/cooper yang melilit pada sebatang logam, pada saat coil di beri masukan arus/ tegangan listrik/elektrik maka coil akan membuat medan elektromagnetik yang mempengaruhi batang logam di dalam lingkarannya tersebut untuk menjadikannya sebuah magnet. Relay biasanya digunakan di RC QD sebagai sistem penggerak maju mundur dan beloknya secara 1 arus speed. RELAY PADA RC QD Berada di papan PCB ( itu loh yang bentuknya kotak seperti dadu ). relay biasanya berfungsi masing masing sesuai fungsinya untuk maju mundur dan belok beloknya. kemungkinan bila RC QD Mati dan tidak jalan ada masalah di relay yang biasanya putus/mati atau terbakar sehingga tidak bisa berfungsi kembali.
- ESC ( Electronic Speed Control ) : diartikan sebagai penggerak atau otak utama dari sebuah RC EP karena ESC Ini bertugas mengkontrol semua sistem pergerakan elektronik di RC EP Secara komputerisasi. terutama Maju mundur dan rem. tanpa servo RC masih bisa menyala tapi tanpa ESC Rc tidak akan bisa menyala karena semua perintah ON/OFF ada disini. ESC TERBAGI 2 JENIS yaitu BRUSHED danBRUSHLESS : 1. BD (Brushed Motor Control): bila brushed itu sistemnya pada motor / dinamo terutama. brushed pada dinamo sistemnya adalah yang berputar adalah kumparannya dan magnetnya statis atau diam. 2. BL ( Brushless Motor Control ) : bila pada brushless sistemnya kebalikan dari Brushed yaitu kumparan yang diam dan magnet yang berputar. dan brushless pun memiliki 2 tipe SENSOREDdan SENSORLESS : sensored ( dengan sensor ) kelebihannya sistem kerja akan lebih halus ketimbang sensorless ( tanpa sensor ) yang kerjanya sedikit lebih kasar dari sensored.
- MOTOR ( Dinamo ) : sistem penggerak yang berfungsi memutarkan arus listrik menjadi sebuah gaya yang dihasilkan. Motor pun ada 2 jenis BL / BD dengan sensor atau tanpa sensor sesuai esc yang dipakai.
- Membedakan BRUSHED dan BRUSHLESS : BRUSHED Biasanya menggunakan 2 kabel +/- yang menyambung dari ESC ke MOTOR , BRUSHLESS Biasanya menggunakan 3 kabel yaitu ABC yang menyambung daru ESC ke MOTOR. ( lihat gambar diatas ESCBDvsBL
Kedua komponen teresebut ada yang bisa nyemplung ke air dan ada juga yang tidak , ESC dan MOTOR yang bisa masuk di air / tahan air disebut ESC/MOTOR WP ( Waterproof ) dan ESC/MOTOR non WP yang tidak bisa anti air. adapula teknik merubah ESC/Motor non WP menjadi WP manual menggunakan sealand dan melapis di seluruh komponen elektriknya.
- SERVO : adalah sebuah perangkat elektronika yang terdiri dari motor dan beberapa komponen elektronik didalamnya. servo berguna menggerakan steering sehingga RC dapat berbelok dengan proportional atau juga digunakan sebagai penggerak pengatur Throttle pada RC ENGINE Servo pun ada 2 jenis yaitu SERVO ANALOGdan SERVO DIGITAL
Trackstar Gyro RC DRIFT |
- GYRO ( Gyroscope ) : Giroskop adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip momentum sudut. Secara mekanis, giroskop berbentuk seperti sebuah roda berputar atau cakram di mana poros bebas untuk mengambil setiap orientasi. Meskipun orientasi ini tidak tetap, perubahannya dalam menanggapi torsi eksternal jauh lebih sedikit dan berlangsung dalam arah yang berbeda jika dibandingkan dengan tanpa momentum sudut, yang berkaitan dengan tingginya tingkatputaran dan inersia momen. Orientasi perangkat tetap sama, terlepas dari gerak platform pemasangan, karena pemasangan perangkat pada sebuah gimbal akan meminimalkan torsi eksternal.Cara kerja giroskop yang berlandaskan pada prinsip-prinsip operasi lain juga ada, misalnya giroskop MEMS perangkat elektronik yang ditemukan pada perangkat elektronik konsumen, cincin laser, giroskop optik serat, dan giroskop kuantum yang sangat sensitif. Gyro pada RC Biasanya digunakan sebagai penyembang untuk RC HELI / PESAWAT / Drone atau Di Dunia RC DRIFT alat ini biasa digunakan sebagai penyeimbang steering untuk RC DRIFT RWD yang banyak digunakan oleh drifter rc rwd pada kit rc nya.
Berikut adalah cara kerja Gyro di RC Drift beserta penjelasannya
Pembahasan ACCECORIES DEVICE :
biasanya perangkat ini dipasang di kit untuk menampilkan nilai value tambah untuk kit agar telihat lebih realistic berikut accesories umumnya pada rc drift :
SMOKE EFFECT / BURN EFFECT ( Efek asap )
Efek asap yang keluar dari alat yang dipasang didalam kit agar terlihat realistic ketika mobil drifting terlihat asap keluar seperti drift mobil sungguhan biasanya device ini tersedia dari pabrikan yang membuat atau adapun yang membuat sendiri atau DIY ( do it yourself )
Berikut video cara alat ini bekerja :
biasanya perangkat ini dipasang di kit untuk menampilkan nilai value tambah untuk kit agar telihat lebih realistic berikut accesories umumnya pada rc drift :
SMOKE EFFECT / BURN EFFECT ( Efek asap )
Efek asap yang keluar dari alat yang dipasang didalam kit agar terlihat realistic ketika mobil drifting terlihat asap keluar seperti drift mobil sungguhan biasanya device ini tersedia dari pabrikan yang membuat atau adapun yang membuat sendiri atau DIY ( do it yourself )
Berikut video cara alat ini bekerja :
REALISTIC ENGINE SOUND EFFECT ( Alat suara mesin )
alat ini disambungkan ke esc rc elektrik dan bekerja mengikuti putaran rpm mesin alat ini akan memunculkan suara mesin ketika digas seperti mobil asli dan juga ada versi dimana keluar suara blow off turbo yang menambah nilai keindahan dan realistic untuk rc drift
berikut cara kerja alat ESS ONE :
REALISTIC LIGHT KIT ( Lampu realistic )
biasanya alat ini disambungkan ke esc dan cara kerjanya ada beberapa jenis tergantung versi dan merk yang kita pakai contohnya light kit ini bisa menggunakan beberapa mode seperti : strobo , flashing , lampu darurat , lampu rem , dan lampu sein yang otomatis di kontrol via Remot
berikut cara kerja alat tersebut :
alat ini disambungkan ke esc rc elektrik dan bekerja mengikuti putaran rpm mesin alat ini akan memunculkan suara mesin ketika digas seperti mobil asli dan juga ada versi dimana keluar suara blow off turbo yang menambah nilai keindahan dan realistic untuk rc drift
berikut cara kerja alat ESS ONE :
REALISTIC LIGHT KIT ( Lampu realistic )
biasanya alat ini disambungkan ke esc dan cara kerjanya ada beberapa jenis tergantung versi dan merk yang kita pakai contohnya light kit ini bisa menggunakan beberapa mode seperti : strobo , flashing , lampu darurat , lampu rem , dan lampu sein yang otomatis di kontrol via Remot
berikut cara kerja alat tersebut :
Pembahasan CHASSIC ( KIT RC ) :
Perbedaan KIT RC Belt Driven Dan Shaft Driven
pada dasarnya kit RC ada dua jenis yaitu BD ( Belt Driven ) dan SD ( Shaft Driven )
BELT DRIVEN : belt driven adalah sistem penggerak yang menggunakan karet kopel / tali sabuk yang menjadi sistem penggerak antara gear dengan gear lain.
kelebihan:
1. Lebih mudah untuk dikendalikan, kendali lebih halus, sedikit atau tidak ada torsi stir berlebihan karena tata letak dan orientasi motor
2. Lebih halus daripada Shaft Driven; lebih efisien dan sistem penggerak lebih halus
3. Lebih banyak pilihan untuk modifikasi option countersteer.
kekurangan:
1. Belt dari waktu ke waktu akan habis lebih cepat dari gear shaft driven , dan perlu diganti bila sudah aus atau botak pada permukaan teeth ( gigi ) beltnya karena belt yang sudah aus seringkali selip atau putus
2. Belt akan cepat putus bila terkena atau tertahan oleh puing-puing kecil seperti kerikil yang bisa masuk ke permukaan belt atau ke gear diffrential yang menahan laju belt dan menyebabkan kerusakan
SHAFT DRIVEN : shaft driven adalah sistem penggerak yang menggunakan shaft ( sebuah besi panjang / penyambung berfungsi untuk memindahkan atau meneruskan tenaga dari satu gear ke gear lain ) untuk menghubungkan gear depan dan belakang dan menggunakan bevel gear untuk menghubungkan shaft ke wheel axle/ diff gear. shaft di indonesia biasa di sebut gardan yang ada di mobil mobil pada umumnya.
Kelebihan :
1. Pengiriman daya lebih cepat dan respon throttle lebih cepat.
2. Pemeliharaan mudah kuat dan lebih awet serta rentan terhadap kerusakan, bagus untuk parking lot bashing atau untuk bermain di permukaan yang kurang rata dan halus.
Kekurangan:
1. Torsi Stir torsi yang dihasilkan dari motor yang mempengaruhi kehalusan kemudi.
2. lebih kasar dalam sistem penggeraknya
3. Pilihan lebih sedikit ( bahkan tidak ada ) untuk modifikasi countersteer.
RC Touring ( Race )
RC Touring adalah jenis rc yang umumnya diperlombakan secara balapan di sirkuit / track , sistemnya seperti balapan biasa ada Time Attack ( perlolehan waktu ) atau Race pada umumnya juara 1 2 3 yang bisa mencapai garis finish paling cepat dialah pemenang tidak seperti drift yang harus menggunakan juri untuk berjalannya lomba / race , touring cukup menggunakan garis finish dan catatan waktu untuk menentukan juara. biasanya track rc touring menggunakan surface aspal atau semen dimana dibuat berliku berliuk dan lurus sesuai layout yang dibuat. sama seperti yang sudah dibahas diatas RC Touring biasanya menggunakan BATTERY atau EP Class atau ENGINE ( Methanol / Gasoline ) atau GP Class
chassis / kit biasanya menggunakan sistem 4WD atau 2WD FF ( Penggerak Depan ) dan juga 2WD Penggerak belakang
RC Touring ( Race )
RC Touring adalah jenis rc yang umumnya diperlombakan secara balapan di sirkuit / track , sistemnya seperti balapan biasa ada Time Attack ( perlolehan waktu ) atau Race pada umumnya juara 1 2 3 yang bisa mencapai garis finish paling cepat dialah pemenang tidak seperti drift yang harus menggunakan juri untuk berjalannya lomba / race , touring cukup menggunakan garis finish dan catatan waktu untuk menentukan juara. biasanya track rc touring menggunakan surface aspal atau semen dimana dibuat berliku berliuk dan lurus sesuai layout yang dibuat. sama seperti yang sudah dibahas diatas RC Touring biasanya menggunakan BATTERY atau EP Class atau ENGINE ( Methanol / Gasoline ) atau GP Class
chassis / kit biasanya menggunakan sistem 4WD atau 2WD FF ( Penggerak Depan ) dan juga 2WD Penggerak belakang
JENIS JENIS BATTERY YANG BIASA DIPAKAI DI DUNIA RC
Battery NICD ( nickel Cadmium )
batre jenis ini biasa dipakai di RC Toys / RC QD karena harganya yang cukup murah, Baterai ini merupakan jenis tertua, paling tahan banting, namun berat dan volumenya paling besar. Baterai jenis ini sudah tidak lagi banyak digunakan karena dianggap tidak praktis. Baterai NiCad sangat rentan efek memori. Maksudnya, baterai hanya mengisi ke tingkat dimana baterai terakhir di-discharge, akibat proses akumulasi gas yang terperangkap dalam plat sel baterai. Jika baterai di-discharge hingga 30 persen dan di recharge, maka baterai hanya akan mengisi energi yang terpakai tadi (30 persen) yang dilanjutkan dengan penyusutan volume “gas” yang terperangkap. Cara terbaik untuk menghilangkan efek memori dan membuang sisa gas terperangkap adalah dengan melakukan “burping”, atau mengkondisikannya. Maksudnya, menghabiskan seluruh isi baterai pada baterai hingga benar-benar kamerea mati dan melakukan re-charging. Selain itu kendati tidak dipakai, batere akan kehabisan seluruh dayanya setelah sekitar 90 hari jadi memory effect di batre ini yang menyebabkan kenapa batre nicd sering ngedrop :)
Battery NiMh ( Nickel metal hydride )
battery jenis ini biasa dipakai di beberapa RC QDdan RC EP Pabrikan atau RC EP Low Spek , Baterai ini menggantikan kadmium dalam NiCad dengan campuran yang membuatnya mampu menahan lebih banyak energi (40%) pada ruang yang sama dibandingkan NiCad. NiMH merupakan pengembangan dari NiCd, dibanding NiCd dengan volume sama, kapasitasnya jauh lebih besar. Namun, seperti halnya NiCd, NiMH juga rawan terhadap memory effect meski tidak sebesar NiCd. Beberapa produsen baterai bahkan menyatakan NiMH produknya bebas memory effect. Seperti Sanyo eneloop, daya yang ada perlahan-lahan akan habis walaupun batere tidak dipakai.Fenomena ini muncul saat baterai yang belum habis dipakai sudah di-charge ulang. Bila dilakukan berkali-kali baterai dapat kehilangan kapasitasnya dan hanya mampu menampung sedikit daya saja sebelum dengan cepat habis. Memory effect dapat dihilangkan dengan mengosongkan baterai sampai habis sebelum mengisi ulang. di DUNIA RC baterai ini biasa disebut dengan nama Baterai LONTONG mungkin karena bentuknya yang mirip lontong ( tapi coba kasih bumbu enak kaga ya ? ) hahaha
Battery Li-Ion ( Lithinum Ion )
baterai jenis ini jarang dipakai di dunia RC tapi ada beberapa produsen di DUNIA RC yang menggunakannya sebagai power utama untuk RC nya , menjadi batere standar pada gadget masa kini. Dibandingkan batere dengan bahan nikel, Li-Ion lebih efisien energi dan tidak memiliki efek memori, tetapi juga lebih mahal harganya. Namun batere tipe ini tidak boleh dibuang sembarangan karena bisa meledak (walaupun hanya terjadi beberapa kali per satu juta batere). Dibandingkan NiMH, siklus isi ulang batere Li-ion lebih pendek setengahnya ( 1000 vs. 500 kali).
Ada kelemahan lain. Jika daya batere benar-benar habis dan voltase-nya turun di bawah ambang tertentu, kapasitas energi batere Li-ion akan menciut secara permanen. Karena itulah batere dirancang untuk mati jika dipasang setelah waktu tertentu. Biasanya, jika Anda punya gadget dengan batere bertipe isi ulang, tipe Li-Ion-lah yang dipakai. Jika tidak, mungkin baterenya berjenis Li-Poly. kebanyakan batre ini banyak di pakai di Mini RC dan Heli
Battery Li-Po ( Lithium Polymer ) VERY RECOMENDED !!
Baterai jenis ini baterai paling populer di gunakan di dunia RC , Baterai Lithium Polimer (Li-Po) merupakan Baterai tercanggih dan paling maju dalam dunia Baterai saat ini. Keunggulan utamanya adalah ratio Power to Weight nya dan memungkinkan baterai dicetak sesuai dengan keinginan.
Dengan 2 kemampuan tsb diatas lah sehingga RC dapat dibuat dalam ukuran mini.
Selain memiliki Keunggulan, Li-Po juga memiliki kelemahan/kekurangan.
Sifatnya yang sensitif dan mudah rusak apabila diperlakukan dengan tidak tepat.
Memiliki bahaya resiko explosive jika overcharge, di tusuk atau bocor.
Bahaya kebocoran Lipo Battery berikut video demografi bila ada kerusakan pada lipo biasanya disebabkan oleh kebocoran atau konsleting dan juga salah dari perawatan ( video berikut hanyalah test untuk menggambarkan bagaimana lipo jika meledak jadi JANGAN DI TIRU DIRUMAH YA !!! serem guys saya sendiri dan pasti beberapa teman teman yang sudah lama berkecimpung di dunia rc sudah pernah ngalamin namanya lipo blow up on fire !! keep safety ya
Kadang-kadang bisa menjadi sulit untuk mengetahui baterai yang terbaik untuk aplikasi Anda.
Untuk R / C ada berbagai macam baterai yang tersedia dan sementara banyak mungkin sesuai dengan aplikasi Anda tujuan utama Anda adalah untuk membeli baterai yang akan;
- Berada dalam anggaran Anda
- Memiliki siklus hidup yang panjang
- Memiliki ukuran yang benar dan berat
- Memberikan waktu pemakaian terlama
- Dapat memberikan tegangan yang benar / amp (Power)
Kami berharap panduan sederhana ini membantu Anda memahami berbagai jenis LiPoly (Lithium Polymer) dan baterai yang tepat untuk model Anda.
Anda mungkin telah memperhatikan sekarang bahwa baterai memiliki peringkat yang berbeda, ukuran, busi, kawat, tingkat biaya dan susunan kimiawi.
Kapasitas (mAh).
Hal ini biasanya jumlah terbesar ditampilkan pada bungkusan dan diukur dalam mAh (milliamp / jam) atau Ah (Amp / jam). Kapasitas merupakan indikator pertama dari ukuran baterai. Untuk menjaga hal-hal sederhana, pikirkan kapasitas (mAh) sebagai jumlah bahan bakar dalam tangki gas mobil Anda. Sebuah tangki kapasitas yang lebih tinggi akan menjalankan mobil Anda lebih lama. Baterai 4000 mAh akan berlangsung selama dua kali lebih lama baterai 2.000 mAh.
Baterai 2.000 mah akan (secara teori) berjalan selama 1jam jika dikeringkan pada 2.000 Milliamps konstan.
Discharge (C)
Discharge adalah jumlah daya baterai bisa 'mendorong' keluar dan nomor yang ditampilkan '20C 'adalah penggandaan kapasitas. Misalnya; Baterai 20C debit di 20 x 2.000 mAh yang 40.000 mAh atau 40Amps.
Ini merupakan nomor penting jika Anda tahu RC Anda membutuhkan tingkat daya tertentu.
Selain ini, baterai 'Burst' menilai suatu, yang merupakan jumlah daya baterai debit untuk waktu yang singkat, biasanya 10-20 detik. Label baterai yang khas mungkin menunjukkan 20-30C, ini berarti baterai 1000 mAh bisa debit 20.000 mAh terus-menerus atau memberikan 10-20 tiba-tiba dan singkat kedua 30.000 mAh (30A) burst kekuasaan.
Tip: 'C' baterai peringkat A yang lebih tinggi akan bertahan lebih lama jika dijalankan pada tingkat 'C' lebih rendah. Contoh: menjalankan baterai 30C maksimum 20C akan memiliki siklus hidup lebih lama daripada lari 20C 20C di setiap penerbangan.
Tegangan (S)
Semua lithium Polymer sel dalam setiap industri memiliki tegangan nominal 3.7V per sel. Ketika terisi penuh sel LiPoly harus 4.2v dan ketika habis itu tidak boleh di bawah 3v.
Anda akan melihat bahwa LiPoly RC paket terdiri dari lapisan beberapa sel. Jika rating baterai adalah 3S ini berarti adalah 3 x 3.7V yang 11.1v. Ini memiliki 3 lapisan 3.7V masing-masing. Dengan kata lain, its a pack '3 sel '.
Berat / Ukuran
Untuk baterai yang akan tepat untuk model Anda harus cocok dalam baterai model dan juga menyeimbangkan Berat dengan benar.
Ini pekerjaan temporer untuk memilih baterai terbesar dan paling kuat model Anda bisa menangani, tetapi hal ini akan mengorbankan kinerja penerbangan dan jika paket tegangan Anda terlalu tinggi; menghancurkan ESC atau Motor anda
Periksa ESC dan spesifikasi Motor untuk memastikan Anda memiliki paket tegangan kanan kemudian memeriksa model CG (Center of Gravity) untuk menentukan berat baterai yang tepat.
LiPoly Pengisian
Selalu gunakan pengisi baterai lithium Polymer dan tidak pernah mengisi baterai di atas 4.2v per sel. (Contoh: 2S, tidak pernah di atas 8.4v)
Jangan biarkan baterai pengisian tanpa pengawasan.
Jangan pernah membiarkan tegangan baterai turun di bawah 3v per sel. (Contoh: 3S, tidak pernah di bawah 9v)
Usahakan gunakan lipo balancer atau digital charger saat mengecasnya
Berikut cara mengecas lipo menggunakan digital charger
Basic fungsi yang biasanya terdapat di digital charger untuk lipo yaitu : Charge ( Pengisian ) , Balance ( Pengisian dan Menyeimbangkan sel 1 dan sel 2 ) , Discharge ( Membuang isi power dari battery ) , Fast Charge ( Pengisian Cepat ) , Storage ( Penyimpanan dan mode ini penting bagi lipo yang tidak dipakai lebih dari 2 hari agar tidak kembung )
Untuk lipo 2S 7.4V 5000mAh saya biasanya mengecas menggunakan 3A untuk mode merawat battery karena semakin besar nilai Ampere maka akan semakin cepat pengecasan dan bila saya ingin cepat mengisi battery saya gunakan 5A dalam kondisi misalnya sedang kompetisi yang tidak bisa menunggu lama karena sudah mau race tapi dalam latihan untuk lebih menjaga kondisi battery sebaiknya cas gunakan ampere kecil saja biar lebih awet dan sedikit tips untuk mengecas yaitu gunakan Balance mode jangan terlalu sering jadi bila itungan 7x Sebaiknya 5 Charge mode biasa dan 2 Balance karena balance battery terlalu keseringan juga tidak baik bagi battery
Nah Udah ngerti Seputar Dasar RC Hobbies ?
Sekarang waktunya Kupas Tuntas Detail Tentang Teknik RC DRIFT masuk sini :
Sekian dulu penjelasan saya tentang dunia RC tunggu UPDATE selanjutnya lebih detail lagi tentang RC dan Dunia RC
Mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan dan informasi yang kurang jelas bisa tanyakan saya langsung untung kembali mengupdatenya. sekian dari saya SALAM PUTAR REMOT
Best Regard,
Yogie Ramadhan Founder BROWN ( Bogor RC Owners )
Versi note update : 15/06/16
Punya Refrensi ? Ingin dimuat disini ? tolong tuliskan di kolom komentar atau kirim ke kontak saya
Baterai jenis ini baterai paling populer di gunakan di dunia RC , Baterai Lithium Polimer (Li-Po) merupakan Baterai tercanggih dan paling maju dalam dunia Baterai saat ini. Keunggulan utamanya adalah ratio Power to Weight nya dan memungkinkan baterai dicetak sesuai dengan keinginan.
Dengan 2 kemampuan tsb diatas lah sehingga RC dapat dibuat dalam ukuran mini.
Selain memiliki Keunggulan, Li-Po juga memiliki kelemahan/kekurangan.
Sifatnya yang sensitif dan mudah rusak apabila diperlakukan dengan tidak tepat.
Memiliki bahaya resiko explosive jika overcharge, di tusuk atau bocor.
Bahaya kebocoran Lipo Battery berikut video demografi bila ada kerusakan pada lipo biasanya disebabkan oleh kebocoran atau konsleting dan juga salah dari perawatan ( video berikut hanyalah test untuk menggambarkan bagaimana lipo jika meledak jadi JANGAN DI TIRU DIRUMAH YA !!! serem guys saya sendiri dan pasti beberapa teman teman yang sudah lama berkecimpung di dunia rc sudah pernah ngalamin namanya lipo blow up on fire !! keep safety ya
Kadang-kadang bisa menjadi sulit untuk mengetahui baterai yang terbaik untuk aplikasi Anda.
Untuk R / C ada berbagai macam baterai yang tersedia dan sementara banyak mungkin sesuai dengan aplikasi Anda tujuan utama Anda adalah untuk membeli baterai yang akan;
- Berada dalam anggaran Anda
- Memiliki siklus hidup yang panjang
- Memiliki ukuran yang benar dan berat
- Memberikan waktu pemakaian terlama
- Dapat memberikan tegangan yang benar / amp (Power)
Kami berharap panduan sederhana ini membantu Anda memahami berbagai jenis LiPoly (Lithium Polymer) dan baterai yang tepat untuk model Anda.
Anda mungkin telah memperhatikan sekarang bahwa baterai memiliki peringkat yang berbeda, ukuran, busi, kawat, tingkat biaya dan susunan kimiawi.
Kapasitas (mAh).
Hal ini biasanya jumlah terbesar ditampilkan pada bungkusan dan diukur dalam mAh (milliamp / jam) atau Ah (Amp / jam). Kapasitas merupakan indikator pertama dari ukuran baterai. Untuk menjaga hal-hal sederhana, pikirkan kapasitas (mAh) sebagai jumlah bahan bakar dalam tangki gas mobil Anda. Sebuah tangki kapasitas yang lebih tinggi akan menjalankan mobil Anda lebih lama. Baterai 4000 mAh akan berlangsung selama dua kali lebih lama baterai 2.000 mAh.
Baterai 2.000 mah akan (secara teori) berjalan selama 1jam jika dikeringkan pada 2.000 Milliamps konstan.
Discharge (C)
Discharge adalah jumlah daya baterai bisa 'mendorong' keluar dan nomor yang ditampilkan '20C 'adalah penggandaan kapasitas. Misalnya; Baterai 20C debit di 20 x 2.000 mAh yang 40.000 mAh atau 40Amps.
Ini merupakan nomor penting jika Anda tahu RC Anda membutuhkan tingkat daya tertentu.
Selain ini, baterai 'Burst' menilai suatu, yang merupakan jumlah daya baterai debit untuk waktu yang singkat, biasanya 10-20 detik. Label baterai yang khas mungkin menunjukkan 20-30C, ini berarti baterai 1000 mAh bisa debit 20.000 mAh terus-menerus atau memberikan 10-20 tiba-tiba dan singkat kedua 30.000 mAh (30A) burst kekuasaan.
Tip: 'C' baterai peringkat A yang lebih tinggi akan bertahan lebih lama jika dijalankan pada tingkat 'C' lebih rendah. Contoh: menjalankan baterai 30C maksimum 20C akan memiliki siklus hidup lebih lama daripada lari 20C 20C di setiap penerbangan.
Tegangan (S)
Semua lithium Polymer sel dalam setiap industri memiliki tegangan nominal 3.7V per sel. Ketika terisi penuh sel LiPoly harus 4.2v dan ketika habis itu tidak boleh di bawah 3v.
Anda akan melihat bahwa LiPoly RC paket terdiri dari lapisan beberapa sel. Jika rating baterai adalah 3S ini berarti adalah 3 x 3.7V yang 11.1v. Ini memiliki 3 lapisan 3.7V masing-masing. Dengan kata lain, its a pack '3 sel '.
Berat / Ukuran
Untuk baterai yang akan tepat untuk model Anda harus cocok dalam baterai model dan juga menyeimbangkan Berat dengan benar.
Ini pekerjaan temporer untuk memilih baterai terbesar dan paling kuat model Anda bisa menangani, tetapi hal ini akan mengorbankan kinerja penerbangan dan jika paket tegangan Anda terlalu tinggi; menghancurkan ESC atau Motor anda
Periksa ESC dan spesifikasi Motor untuk memastikan Anda memiliki paket tegangan kanan kemudian memeriksa model CG (Center of Gravity) untuk menentukan berat baterai yang tepat.
LiPoly Pengisian
Selalu gunakan pengisi baterai lithium Polymer dan tidak pernah mengisi baterai di atas 4.2v per sel. (Contoh: 2S, tidak pernah di atas 8.4v)
Jangan biarkan baterai pengisian tanpa pengawasan.
Jangan pernah membiarkan tegangan baterai turun di bawah 3v per sel. (Contoh: 3S, tidak pernah di bawah 9v)
Usahakan gunakan lipo balancer atau digital charger saat mengecasnya
Berikut cara mengecas lipo menggunakan digital charger
Basic fungsi yang biasanya terdapat di digital charger untuk lipo yaitu : Charge ( Pengisian ) , Balance ( Pengisian dan Menyeimbangkan sel 1 dan sel 2 ) , Discharge ( Membuang isi power dari battery ) , Fast Charge ( Pengisian Cepat ) , Storage ( Penyimpanan dan mode ini penting bagi lipo yang tidak dipakai lebih dari 2 hari agar tidak kembung )
Untuk lipo 2S 7.4V 5000mAh saya biasanya mengecas menggunakan 3A untuk mode merawat battery karena semakin besar nilai Ampere maka akan semakin cepat pengecasan dan bila saya ingin cepat mengisi battery saya gunakan 5A dalam kondisi misalnya sedang kompetisi yang tidak bisa menunggu lama karena sudah mau race tapi dalam latihan untuk lebih menjaga kondisi battery sebaiknya cas gunakan ampere kecil saja biar lebih awet dan sedikit tips untuk mengecas yaitu gunakan Balance mode jangan terlalu sering jadi bila itungan 7x Sebaiknya 5 Charge mode biasa dan 2 Balance karena balance battery terlalu keseringan juga tidak baik bagi battery
Nah Udah ngerti Seputar Dasar RC Hobbies ?
Sekarang waktunya Kupas Tuntas Detail Tentang Teknik RC DRIFT masuk sini :
Sekian dulu penjelasan saya tentang dunia RC tunggu UPDATE selanjutnya lebih detail lagi tentang RC dan Dunia RC
Mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan dan informasi yang kurang jelas bisa tanyakan saya langsung untung kembali mengupdatenya. sekian dari saya SALAM PUTAR REMOT
Best Regard,
Yogie Ramadhan Founder BROWN ( Bogor RC Owners )
Versi note update : 15/06/16
Punya Refrensi ? Ingin dimuat disini ? tolong tuliskan di kolom komentar atau kirim ke kontak saya
Komentar
Pengirim http://bambangtoni.blogspot.com, polsekkaranganyar.blogspot.com, polsektawangmangu.blogspot.com
-arie hartansah, bandung-
mohon pencerahan nya... makasih
Tolong dong gan....
semoga sukses nanti track barunya
mau main taruhan bola online, aman dan terpercaya. agent sbo ibc maxbet resmi. dengan promo bonus member baru dafftar segera di https://goo.gl/OQKZcJ
Whatsapp : +84986764303
BBM : 7AABD79C
WeChat : fifagol
LINE : fifagol
Bank Support : BCA, MANDIRI, BNI, BRI
atau mau liat gambar sexy abg https://goo.gl/8QSaFv atau tante sexy https://goo.gl/Hm3qfT berita bola pun ada https://goo.gl/ltFSUY yuk berkunjung
Prediksi bola dan berita
Abg Sexy Pamer toket
Jablay pamer meki
Agen terpercaya MAXBET
Agen resmi terpercaya SBO*BET
Aku mau tanya ..
Aku blom pernah pegang rc skalipun rc tipe apa yg cocok buat drift pemula
Aku mau tanya ..
Aku blom pernah pegang rc skalipun rc tipe apa yg cocok buat drift pemula
Gini nih, saya punya mobil rc drift dirumah, tetapi saya lihat di google kok kebanyakan mobil rc drift ada sesuatu di kap depan dan belakang sih? Tetapi mobil rc drift saya gak ada.. Itu sebenarnya apaan? Dan apa fungsinya? Cara kerjanya gimana?
Mohon dijawab ya....
Kalau saya lebih suka memodifikasi sendiri.. Biar lebih puas. Tetapi ingat, jika ingin memodifikasi sendiri,harus cari tau sebanyak banyaknya.... Tentang parts drift, chasis, dll...
mobil remot
http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx
Lalu di receiver kabel belok kirinya ku jadikan buzer lewat rangkaian transistor kran (aq memakai C 3807) untuk menghidupkan rellay (on kontak)
*Dalam rangkaian receiver juga ku buat seperti penurun tegangan 12v ke 5v untuk mensuplai receiver
Sementara skema ku berhasil....Apabila aq mendekati motorku dlm jangkauan 2 meter maka receiver aktif untuk menghidupkan rellay on kontak, sebaliknya aq menjauh Kontak off krn receiver lepas dari jangkauan remote yg sedang memerintahkan belok kiri
Permasalahannya adalah = saat aq berkendara masih saja putus-putus 😂 padahal remote nya dalam saku celana sebelah kiri dekat dengan receiver nya, alhasil waktu tikungan setajam silet aq jatuh guling-guling, ku modif antena receiver nya dgn memanjangkan kabelnya, ku modif remote nya dari 3V ke 6v tetap juga dalam berkendara putus-putus hedehhh....Capek gue mikir...
Sebenarnya aq bisa sih bikin receiver nya pkae toggle, artinya di remote nya masih standart memakai tombol push-on, itu sama aja dgn remote yg lain ya sama juga dgn rangkaian ku dlu memakai hape untuk saklar jarak jauh, yg aq mau ini ya seperti di atas tadi aq gak perlu pencet tombol gak perlu ngapa-ngapain cuKup mendekat saja otomatis motorku on kontak, apabila ku menjauhi motorku otomatis off....
Jadi gimana gan cara memodifikasi remote nya biar gak goyang daya pancar nya, biar gak putus-putus....Atau receiver nya yg di modifikasi?
Atau di receiver nya ku ambil dua perintah, yaitu belok kiri sama mundur ku gabungkan jadi satu Buser
Dan di remote nya ku gabung tombol belok kiri sama mundur ku gabung dengan satu saklar on-off ?
Gitu ya gan... ? Biar gak putus-putus
Apa gak konslet di receiver nya krn bentrok? Gimana gan ini gan...Mohon Pemasukan pencerahan gan
Klo boleh tanya kenapa rc 4x4 saya tidak bisa mundur.cuma maju
Gerbox nya masih ok.trus lanpun indikator untuk mundur jg nyala,tp g bisa gerak mundur.trimz