Bagaimana cara memperbaiki folder atau file yang berubah menjadi shortcut karena virus Beserta gambar tutorial ( Folder Shorcut Problem )


Hai sobat blogger ketemu lagi nih ane kali ini akan share trik yang kebetulan ane dapet dari guru sekolah ane nih, nah apa masalahnya?

Alkisah pada hari yang sangat sibuk ane mencolokan flashdisk ke sebuah komputer di lab sekolah tanpa basa basi ane langsung colok aja ...karena saking dikejar waktu ane gak tahu kalo komputer itu tidak pakai antivirus dan telah  terinfeksi virus ..wah kagetnya bukan kepalang saat ane eject tuh Flashdisk tidak bisa dan karena gak mau ambil pusing ane langsung aja cabut itu flashdisk.
setelah pulang kerumah dan nyalakan komputer karena mau copy data dari flashdisk ke komputer ane ..saat ane buka Removable disk ...Dengan kaget folder,file,dan isi didalam flashdisk itu berubah menjadi SHORTCUT dan hanya berukuran 2kb padahal flashdisk itu berisi 6gb data ?? kemana perginya folder itu ane coba check menggunakan CHKDSK ane pikir Corrupt data biasanya bisa kembali menggunakan CHKDSK nah setelah proses CHKDSK selesai tidak ada perubahan.. dan guru ane nyaranin buat Scan dan hasilnya 600 virus terdeteksi menggunakan BIT DEFENDER 2013 setelah virus bersih tahap selanjutnya adalah atrrib disk tersebut
Bagaimana cara mengatasinya Berikut langkahnya bro mari disimak :

* Pastikan dulu virus yang ada dalam flash disk tersebut telah kamu lumpuhkan dengan antivirus.
* Setelah virusnya bersih, hapus saja "folder-folder" yang telah berubah menjadi shortcut.
* Buka Command Prompt. Klik "Start">"Run" kemudian ketikkan CMD
* Setelah Command Prompt terbuka ketikkan drive dimana flash disk anda terpasang, diikuti dengan titik dua. Misalkan drive flash disk anda adalah "K" kebetulan flashdisk ane ada di Lokasi "k" maka ketikkan "k:" (tanpa tanda kutip) kemudian enter.
* Ketikkan "dir" kemudian tekan enter. Perintah ini akan memunculkan file-file dan folder yang ada dalam drive tersebut.
* Jika folder yang kamu cari belum tampak, ketikkan "dir/a" kemudian enter.
* Jika folder yang kamu cari sudah terlihat, ketikkan perintah berikut. "attrib -s -h -r /s /d" (tanpa tanda kutip)
NOTE : bila kamu ingin memunculkan semua foldernya yang ada di dalam flashdisk tanpa mencari Folder tertentu tinggal tekan enter di langkah attrib tanpa melakukan "dir"

Tunggu beberapa saat
Selesai...

Kemana perginya folder folder tersebut itu penyebabnya ?sebenarnya virus sejenis Ramnit,virut,trojan dll yang biasa bersarang Di RECYCLER dan menggunakan perintah Hidden autorun ..tapi setelah melakukan trik ini pasti folder kawan kawan semua telah pulih seperti semula :) selamat mencoba

Mohon komentarnya dan likenya sobat :)

Komentar

Tiaraaa! mengatakan…
cool information, thanks a bunch :)
Unknown mengatakan…
wahhh makasi bangett Nih gan ilmunya sungguh sangatt membantu terima kasih :)
Yogie Ramadhan mengatakan…
@Ainnul : Oke senang bisa membantu
Unknown mengatakan…
mantep gan, bener2 work :)
makasih info nya gan