• BROWN ( Bogor RC Owners )

    Bogor RC Owners adalah komunitas Radio Control yang bermarkas di The Jungle Mall Lt.2 Bogor Nirwana Residence , Komunitas ini menerapkan sistem kekeluargaan, Jadwal kumpul resmi ruti komunitas ini adalah (Weekday) Rabu 17.00 S/d 22.00 dan (Weekend) Minggu 13.30 S/d 20.00[...]

  • ONLY GAMING

    Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.[...]

  • GRAPHIC DESIGN

    Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. [...]

Selasa, 20 Januari 2015

BELAJAR RC DRIFT HOBBIES : Panduan Detail Seputar RC DRIFTING , Settingan , Tips dan Kupas Tuntas About Drift Hobbies ( Daily Update )

Halo sobat blogger dan para pemutar remot sejati , balik lagi nih saya disini akan sedikit berbagi informasi dan pengalaman tentang hobi RC Drifting. yuk mulai !

BUAT BROTHER yang belum mengerti apa itu RC sebaiknya pahami dulu ulasan saya sebelumnya tentang DASAR DASAR RC HOBBIES : !! CLICK HERE / KLIK DISINI !!

CARA NGEDRIFT sesuai Jalur alias bukan sekedar ngesot !!

Ilustrasi Drift Angka 8


Ilustrasi Drift Basic Teknik


PENGERTIAN DASAR

RC DRIFT 4WD CS (Countersteer)
Adaptasi dari drift real mobil sebenarnya 1:1, saat drift ke kanan, stir/roda di belok ke arah sebaliknya(counter) ke kiri, untuk menahan putaran body supaya tidak melintir atau spin out. RC yang di upgrade ke CS itu karena dituntut untuk melahap trek yang dibuat serealistis mungkin dan mengikuti gaya drifting mobil sungguhan. ( skill banget buat drifting ) disebut countersteer karena roda belakang lebih kencang perputarannya daripada roda depan maka dari itu bokong mobil akan lebih liar untuk dikendalikan. semakin besar CS semakin susah untuk dikendalikan jadi udah gabisa lurus. kepiting bro...miring.

BERIKUT  VIDEO PERBEDAAN GAYA DRIFTING ANTARA CS dan 50/50

RC 50:50 / DRIFT 50:50 4WD STANDARD
RC jenis ini biasanya digunakan untuk touring atau rally kenapa disebut 50/50 karena perputaran roda depan dan belakang masih sama rasionya maka dari itu mobil akan lebih stabil untuk melaju lurus dan masih menggunakan sistem open diffrential. adapun drift yang masih menggunakan teknik 50/50 sejenis RC Standard pabrikan seperti HSP Flying fish masih mengandalkan drift 50/50 yang pada umumnya saat drift kita masih memainkan steering kiri/kanan untuk menyeimbangkan bukan menahan steering seperti mobil drift pada umumnya

RC DRIFT RWD ( Rear Wheel Drive )
RC RWD Bagi Yamada Rc Drifter Senior Jepang
Adaptasi dari drift real mobil sebenarnya 1:1 tidak jauh beda dengan teknik Drift CS .drift RWD menggunakan sistem penggerak roda belakang sebagai penggerak untuk drift nya RC RWD termasuk RC yang berpenggerak 2WD yaitu 2 roda saja yang berputar. RC RWD biasanya untuk lebih menstabilkan manuver drifting nya mengguanakan sebuah GYRO sebagai penyeimbangnya Adapun yang tidak mengguankan tapi akan lebih susah mengkontrol saat bermanuver dan kebanyakan RC RWD mengguanakan GYRO. Rc RWD dari segi elektrik dan lainnya tidak jauh dengan RC EP 4WD lainnya hanya saja kebanyakan kitnya dimodifikasi sehingga steering bisa berbelok patah secara full dan angle steering lebih patah sehingga dapat Countersteer angle yang lebih liar dan indah.  

++ Memahami Dasar Settingan RC Drift ++


RC DRIFT Setup Setting RC Drift susah-susah gampang. Susah di awal, gampang di akhir (setelah paham apa yang harus di rubah). Banyak konsep setting yang beredar karena RC Drift tidak memiliki acuan dalam menciptakan mobil RC Drift yang ideal, karena tiap drifter pasti memiliki style yang unik dalam drifting

Apa itu grip? grip adalah gaya cengkraman suatu benda ke permukaan contohnya grip pada ban semakin ban ngegrip maka ban akan lebih menempel atau mengigit permukaan sehingga kecepatan mobil akan lebih bertambah. jika kekurangan grip maka ban mobil akan lebih kehilangan daya cengkram terhadap permukaan sehingga akan lebih licin.


TOE :
  adalah setting mekanis pada suspensi (termasuk lower arm, upper arm, pivot, dan roda) kendaraan dimana mengatur arah ban. 
TOE IN : Dimana arah ban masuk kedalam body
TOE OUT : Dimana arah ban keluar body



CAMBER : CAMBER adalah setting mekanis pada suspensi (sama diatas) yang mengatur kemiringan ban.
CAMBER NEGATIVE : posisi roda miring bagian atas roda kearah masuk kedalam body //--
CAMBER POSITIF : posisi roda miring bagian atas roda kearah luar keluar body \\--






Front One Way (FOW)
Bearing 1 arah yg dipasang di differential depan (FOW) . Fungsinya mengunci roda/differential ke 1 arah. Menciptakan efek handbrake ( rem tangan ) (waktu throttle posisi brake/reverse , roda belakang mengunci, roda depan berputar bebas). Membantu banget buat sirkuit teknikal.


OFFSET ( Wheel Offset )
Offset / ET adalah ukuran yang mewakili nilai ketebalan pantat velg yang langsung menempel kepada tromol pada roda mobil.
Diatas adalah gambar penampang melintang dari sebuah velg 
Nilai offset yang semakin besar / + / Positive akan membuat pantat velg semakin kedepan (Contoh gambar kanan Positive Offset)
Sebaliknya nilai offset yang semakin kecil / - / Negative akan membuat pantat velg semakin ke belakang (Contoh gambar kiri Negative Offset)
semakin besar offset / ET maka bila dipasangkan ke mobil posisinya akan semakin kedalam fender, karena pantat velg semakin tipis. Singkatnya semakin besar nilai offset di Velg RC maka akan semakin CELONG Velg tersebut.

Berikut Ini Yang Perlu Dipahami :
Smoothness kehalusan saat drift dari tikungan ke tikungan, drift ga putus2/patah2 kadang lurus kadang ngesot, dr tikungan ke tikungan mesti drift berkesinambungan
Countersteer adaptasi drift real 1:1, saat drift ke kanan, stir/roda di belok ke arah sebaliknya(counter) k kiri, untuk menahan putaran body spy ga melintir.
Visibel, efek countersteer yg jelas2 terlihat mata kita/org yg melihat, jadi ya bner2 keliatan counternya ga tanggung2 , stir jg sebaikny ga di belokin/goyang2 kiri kanan saat drift. besarnya counter sesuai kebutuhan tapi walau sedikitpun harus tetap kelihatan
lock to lock drift yg berkesinambungan,dgn posisi counter yg selalu konsisten, maksudny saat drift kiri, steer mentok ke kanan, begitu ada drift kanan, stir langsung mentok kiri ..tar keliatannya cakep banget drift nya
Steer in sesuatu yg 'not good' klo ga mau dibilang haram. untuk drift CS,kita mau mulai start drift masuk tikungan atau putaran, kit/body berputar bukan karena dibelokin dulu tapi lebih karena dorongan putaran roda belakang yg besar sehingga body berputar masuk, n kita tinggal menahan dgn counter.mudah2an bisa paham,sorry klo kurng jelas
Sirkuit Teknikal Jenis sirkuit dengan banyak variasi corner/tikungan dengan tempo speed slow sampe medium. Ada long sweeper, manji, S-corner, hairpin, dan obstacle spot.
Long Sweeper Jenis corner yg menggabungkan straight dan corner yang memanjang atau melebar. Di corner ini umumnya diletakkan clipping zone / brushing area. Tempo speed di long sweeper biasanya antara medium-speed sampe high-speed.
Manji Teknik drifting yang mengayun di sepanjang straight atau jalan lurus. Teknik ini membutuhkan mobil yang disetting dengan baik dan skill drifter yang terasah. Gerakan drift dalam manji itu mirip sekali dengan teknik drifting di S-corner yg melibatkan transisi atau switchback dari kiri ke kanan dan sebaliknya dalam tempo yg lebih cepat. Bayangkan agan ngedrift di S-corner tapi di jalan lurus.
S-corner Jenis corner yang berbentuk huruf “S”. Merupakan corner yang paling sering dijumpai dan menguji kemampuan drifter dalam melakukan switchback yang halus dengan tempo yang tidak terlalu cepat.
Hairpin Jenis corner yang umumnya berbentuk 180* / u-turn. Hairpin merupakan tikungan dengan speed sangat rendah (slow speed) dan umumnya diletakkan clipping point untuk melihat aksi nose diving.
Obstacle spot Bukan corner, tapi semacam tantangan unik yang ada di sirkuit dan tidak selalu ada di tiap sirkuit. Contoh, persimpangan jalan, jembatan yg bisa di lewatin, underpass (kolong jembatan), uphill-downhill, dan lain2.
Straight Area disirkuit yang membentuk jalan lurus. Umumnya di pake sebagai start/finish area dan manji spot.
Clipping zone / brushing area Area penjurian (terdiri dari titik awal dan akhir) dimana drifter harus melewati area ini dengan bemper belakang mobil. Clipping zone umumnya butuh latihan banyak supaya bisa menjaga mobilnya bisa ngedrift dgn mulus dari titik awal hingga akhir.
Brushing / wall tap Teknik drifting yang mepetin bemper belakang disepanjang tembok sirkuit atau garis pembatas sirkuit. Semakin mepet atau nyentuh tembok alias wall tap(untuk wall tap, harus ada tembok atau pembatas yang setinggi bodi) tanpa merubah angle maka nilai showmanshipnya tinggi. 
Switchback / transition Gerakan atau manuver dalam drift dimana mobil mengayun dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Biasa ditemui dalam S-corner dan straight. Manuver ini membutuhkan reflek drifter yang bagus agar throttle dan steering seimbang...tujuannya ya 1...supaya switchbacknya halus dan tidak over-angle trus spin-out
Clipping point Area penjurian pada 1 titik saja dan umumnya diletakkan di apex terdalam corner. Juri akan melihat seberapa dalam drifter melakukan nose diving ato diving di apex corner. Semakin mepet sama garis terdalam sirkuit makin baik nilainya (kebalikannya brushing / wall tap).
Nose diving / diving Teknik drifting yang memasukkan bemper depan mobil semakin mepet dan semulus mungkin mengikuti apex corner. 
Apex Garis maya yang terbentuk dalam balapan untuk bisa melewatin tiap corner dgn kecepatan tinggi. Umumnya berformat OUT-IN-OUT.
Angle Sudut drifting yang dilihat dari garis tengah sirkuit. Semakin membentuk sudut 90* alias paralel dgn sirkuit, maka nilainya makin tinggi...dan tentunya makin KEREN. Angle semakin tinggi menuntut bukaan steering makin besar dan speed yg dihasilkan lebih rendah dibanding angle kecil.
Showmanship Unsur entertainmen ato hiburan yang disuguhkan drifter kepada juri, penonton, maupun drifter lainnya. Semakin unik dan dirasa susah untuk di ikuti oleh drifter lain, maka nilainya makin tinggi. Contoh: jumping gila ala Hibino Tetsuya ato Daigo Saito di Ebisu, perfect drift (rear entry) Kawabata di Okayama maupun Fuji Speedway, replikasi angle, dll.
Over-angle / Over-shoot Manuver drift dimana angle drift yang dihasilkan melebihi 90*. Jika dapat mengendalikan over-angle maka dapat menjadi “perfect drift” ala Kawabata (tentu saja menghasilkan nilai showmanship tinggi), jika gagal, maka menghasilkan spin-out dan mendapat pengurangan nilai.
Spin-out Efek negatif over-angle yang membuat mobil terlihat berputar balik atau berputar2. 
Replikasi / mirroring Umum ditemui di video2 drift mobil beneran dimana chaser mengikuti ato menjiplak setiap angle dari leader dalam waktu yang bersamaan. Jika berhasil dilakukan, chaser memperoleh advantage dari leader dan meningkatkan nilai showmanship.
Leader Posisi mobil dalam tandem battle dimana drifter berada di baris depan. Leader harus bisa ninggalin chaser atau menciptakan angle yang sukar di ikuti oleh chaser. Selain itu, Leader harus ngedrift ngikutin drift line.
Chaser Posisi mobil dalam tandem battle dimana drifter berada di baris belakang. Chaser harus bisa menempel leader atau mengikuti anglenya leader. Selain itu, chaser harus ngedrift ngikutin leader. Untuk menambah nilai, chaser harus melakukan attack terhadap leader.
Tandem Battle / Tsuiso Stage kedua dalam tiap event drift dimana dilakukan battle 1 lawan 1 sesuai bracket battle yang terbentuk setelah solo drift. Format yang umum adalah Best 16, Best 8, Semi Final, dan Final.
Solo Drift / Tansou Stage pertama dalam tiap event drift dimana tiap peserta harus melakukan single run untuk dinilai dan menentukan posisi drifter tersebut dalam bracket battle. Solo Drift bisa jg disebut Kualifikasi. Format yang umum adalah warm-up lap dan 2 counted lap (dihitung).
Attack Manuver chaser dalam tandem battle, dimana chaser menempel pintu samping mobil leader (format yang plg umum) dengan angle yang hampir sama ato sama dengan leader. Attack dinilai sempurna bila bemper mobil chaser sejajar dengan pintu mobil leader. Bila bemper mobil chaser lebih dari bemper mobil leader, maka chaser dinyatakan overtaking dan mendapat pengurangan nilai.
Overtake / Overtaking Manuver chaser menyalip mobil leader. Overtaking sangat tidak diperbolehkan dalam tandem battle, kecuali leader mengalami spin-out / crash / out of line.
Crash Nabrak ato nyangkut...kedua2nya berakibat fatal.
Out of line Drifter baik dgn sengaja ato ngga sengaja ngga bisa ngedrift di drift line yang udah ditentukan oleh juri atau keluar dari garis pembatas sirkuit.
Drift line / Race line Jalur yang sudah ditetapkan oleh juri berdasarkan layout sirkuit dan wajib di ikuti oleh setiap drifter. Di jalur tersebut juga sudah disiapkan clipping point dan clipping zone untuk menentukan nilai tiap drifter dalam solo drift

DRIFT Setup by Vdf Lab
Bagaimana menambah grip?
 1. Ride height semakin pendek/ceper
2. Sudut shock semakin tidur/rebah
3. Spring semakin empuk
4. Oli shock semakin kental
5. Berat chassis
6. Camber mendekati nol

Bagaimana mengurangi grip?
1. Ride height semakin tinggi
2. Sudut shock semakin tegak
3. Spring semakin keras
4. Oli shock semakin encer
5. Chassis semakin ringan
6. Camber semakin ekstreme

Efek Grip lebih banyak didepan?
1. Respon steering lebih baik, namun pantat lebih ringan.
2. Manuver switchback bisa dilakukan tanpa mengurangi throttle
3. Cocok untuk sirkuit teknikal dengan lebar sirkuit kecil.
4. Butuh sedikit usaha mempertahankan steering.
5. Resiko spin-out sangat besar jika tidak mampu mengimbangi bukaan steering dan throttle6. Cocok untuk tipikal throttle halus dan di urut.

Efek Grip lebih banyak dibelakang?
1. Respon throttle lebih baik, namun bagian depan lebih under.
2. Manuver switchback harus menggunakan brake atau throttle kecil.
3. Cocok untuk sirkuit lebar dan besar berkarakter high speed.
4. Mudah untuk mempertahankan steering.
5. Mudah untuk melakukan attack jika leader lebih pelan.
6. Cocok untuk tipikal throttle kasar atau di pompa

Sekian dulu penjelasan saya sedikitnya tentang RC DRIFTING.. semoga dapat menjadi refrensi para pehobby yang masih bingung seputar RC Hobbies.. THREAD ini akan selalu di UPDATE berkala jadi tetep pantengin aja ya bro ...

Mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan dan informasi yang kurang jelas bisa tanyakan saya langsung untung kembali mengupdatenya. sekian dari saya SALAM PUTAR REMOT

Best Regard,
Yogie Ramadhan Team Founder BROWN ( Bogor RC Owners )

source : pengalaman pribadi dan refrensi dari sumber sumber terpercaya di internet yang saya tulis ulang kembali.


BELAJAR RC CAR HOBBIES : RC Hobi Untuk Pemula dan Mengetahui Lebih Detail Tentang Dunia RC Hobbies ( RC Drift / Touring )




Halo sobat blogger dimanapun berada udah lama saya gak nulis di blog ini , kebetulan sekarang nemuin hobby baru yang emang dari dulu pengen sekali buat terjun kedalamnya. nah ah setaun lupain blog rasanya pen balik kemasa lampau nulis artikel dan sharing dengan pembaca tapi !! kali ini saya ada rencana untuk lebih mengali dan berbagi informasi tentang RC Hobby terutama RC Drift. kebetulan belum lama 2 tahun saya terjun dari RC QD kelas mainan Sampai RC EP yang mahalnya selangit serasa makin lama makin terus ketarik kedunia ini awal mula ketika saya liat drifting di youtube yang keren keren dan akhirnya kena racunnya juga. Bay the way kebetulan di kota tempat tinggal saya saat ini Bogor komunitas rc masih jarang ditemui bahkan ada tapi sudah bubar. gak kehabisan akal saya dan 2 kawan seperjuangan iseng mendirikan komunitas BROWN Bogor RC Owners komunitas ini udah berjalan 2 tahun syukurlah disini saya dapetin banyak ilmu dari teman teman sesama hobby dan dari tim lain. oke segitu aja intronya kali ini saya akan berbagi ilmu yang sedikitnya saya punya buat kawan yang mau baru belajar RC DRIFT atau RC Hobbies dan saya juga sedikit akan bahas RC Touring walau tidak banyak karena pengalaman saya banyak di RC Drift jadi silahkan dibaca ya pelan pelan.

RC Drift ( Toys dan Hobby Grade )

Pengetahuan Dasar soal sistem :
  • RC = Radio Control Banyak orang yang keliru dengan menyebut Remote Control, yang benar istilah disini adalah Radio Control, artinya ada suatu controllers (pengendali) dan controled (yang dikendalikan) yang menggunakan gelombang Radio, dulunya controller & controlled menggunakan gelombang MHZ AM / FM sistem kristal ciri ciri menggunakan antena panjang dan menggunakan channel sinyal yang kebanyakan 25,30,40,45,70,90 Mhz sehingga bisa ada kemungkinan sinyal beradu antara RC Satu dengan RC lainnya karena masalah channel sinyal yang sama dan biasa ditemukan di rc qd/mainan/toys dan transmitter seri lama sebelum diinovasi menjadi gelombang spektrum digital 2,4 GHZ. Ciri ciri menggunakan antena pendek kadang tidak terlihat di remot/transmitter dan berhubungan dengan Receiver yang terkonek dengan ESC juga sudah digital jadi tidak ada yang beradu sinyal mobil antara satu dengan lainnya ( kecuali glitching kadang terjadi ) karena sudah di pasangkan ke receiver yg sudah di pairing dengan transmitter



JENIS DAN TIPE RC  :
Membedakan RC Kelas mainan dan RC Kelas Hobby berikut gambarnya dan penjelasannya

RC TOYS GRADE ( Kelas Mainan )

Gambar Jenis Chassis RC QD
  • RC QD ( Quick Drive ) ( Kisaran harga 200-500rb an ): RC Kelas ini bisa dibilang RC masuk masih kategori TOYS ( mainan ) karena RC Jenis ini tergolong RC yang hanya sekali pakai maka sparepart dan upgrade nya pun tidak ada , hanya mengandalkan Akal akalan dan modif kreativitas tertentu. untuk bro yang ingin terjun di dunia RC terutama drift saya sih tidak menyarankan untuk mengasah skill drift menggunakan RC QD karena rc jenis ini biasanya dimainkan anak anak dan sistemnya belum propo. tpi jangan putus asa dulu RC QD pun bisa lho dipakai sekedar ngesot bebas atau dimodifikasi tampilan sehingga terlihat keren. saya pun pernah main RC QD tapi itulah hanya optimalkan tampilan untuk performa saya rasa kurang. saya juga pernah mengupgrade RC QD menjadi RC PROPO tapi itulah dana tetap saja jadi mahal membeli semua perangkat elektronik dari RC PROPO gambar dibawah adalah QD yang di upgrade ke PROPO dengan modal berkisar 700rb an.
  •  RC QD memakay sistem easy to run maka pergerakan hanya 1 percepatan dan kecepatan sehingga kita tidak bisa mengatur kecepatan sesuai yang kita inginkan karena hanya 1 atau 2 speed yang keluar dari mesin bila tuas di tekan sedikit maka keluar speed tetep full bila kita tekan banyak maka tetap akan sama full begitu juga dengan sistem beloknya yang langsung berbelok tajam tanpa bisa belok pelan pelan. memakai PCB untuk elektroniknya dan dinamo brushed untuk motor penggeraknya dan batre biasanya batre susun berjenis Nicd/Nimh RC QD Pun ada 2 JENIS : RC QD Biasa ( mhz ) dan RC QD semi propo ( Ghz ) qd yang sudah semi propo biasanya tuas throttle ( gas ) maju mundurnya sudah bisa diatur sesuai yang kita tekan seperti rc propo yang pada umumnya hanya saja sistem penggerak belok nya masih seperti rc qd biasa. RC QD ada berbagai macam merek seperti : NQD 4WD Mhz , NQD 4WD 2,4Ghz Semi Propo , Sanzuan VMAX TURBO , Sanzuan VMAX Electrik , RANDA 2WD , Jundi , Drift King dll. yang rata rata harga di pasaran sekitar 250rb - 500rb rupiah saja.

REVIEW UNBOXING RC QD Newqida ( Rc kelas toys bagi yang berdana minim )




RC HOBBY GRADE ( Kelas Hobi )

Pembahasan RC ELEKTRIK ( EP )


  • RC EP ( Elektrik Proportional ) ( Kisaran harga 1jt-20jt>> an ) : RC Kelas ini bisa dibilang RC yang sudah masuk kategori RC Hobbies , RC EP / Propo menggunakan sistem perangkat elektronik yaitu : ( ESC + Motor/Dinamo BL/BD + Batre Lipo/Nimh +Transmitter+Receiver+Servo ) RC EP Sudah dilengkapi dengan ESC ( Electronic Speed Controlled ) jadi sistem penggeraknya sudah seperti mobil sungguhan ketika kita tekan gas sedikit maka keluar speed pun pelan dan ketika kita tekan gas banyak maka mobil pun melesat kencang ( sama ketika kita membawa mobil/motor matic ) dan juga sistem beloknya yang sudah menggunakan servo control yang gunanya menggerakan steering secara belok proportional sama seperti sistem penggerak maju mundurnya. servo tidak hanya digunakan untuk belok saya bisa juga digunakan untuk throttle ( di rc engine ) dan sebagai penggerak wing di rc pesawat juga servo bisa digunakan untuk membuka sistem otomatis seperti bagasi dan kap mobil yang di kontrol melalu remot itu hasil gerak dari servo. RC EP ada berbagai macam merek dan kelasnya yaitu 
KELAS LOW ENTRY ( Pemula ) : Berkisar antara 1 Juta s/d 3 Juta Rupiah ( HSP , TAMIYA , HENGLONG , BSD Racing , CEN , VANTEX , COLT , DEVIL Drift , EXCEED , HPI dll. )
Jadi kelas low entry ini bervariatif ya guys harganya dan biasanya sih ini buat orang yang gak mau ribet rakit rakit karena kebanyakan yang keluar itu RTR ( ready to run ) tapi biasanya spek yang ditawarkan pabrikan itu kurang memuaskan khususnya untuk drift seperti rata - rata belum ready to drift alias masih basic RC Touring atau 4WD 50:50 dan menggunakan elektronik minim spec seperti masih menggunakan battery nimh yang hanya kuat beberapa menit saja , menggunakan ESC dan Motor Brushed yang low speed dan low power biasanya model diatas sedikit susah di masalah sparepart dan option part karena memang untuk pemula yang gak mau ribet istilahnya kebanyakan duit karena rata rata rc jenis ini akan ditinggalkan pemiliknya dikala sudah upgrade ke kelas MID ENTRY

TIPS Budget Minim tapi ingin memiliki RC DRIFT yang ready to drift yaitu cari - cari informasi kepada rekan atau teman yang menjual RTR Murah pensiunan atau Barang - barang 2ND alias Second di forum forum rc drift di indonesia serta meminta arahan kepada orang yang sudah mengerti soal spek yang akan di bangun serta minta diskon bila perlu , intinya jangan salah beli RC Drift karena minim pengetahuan

Contoh tips ramuan untuk spek kit rc drift yang lumayan di kisaran 2-3 Juta rupiah Low to mid entry :
KIT Sakura D3 Second 700-800rb Include Fow , Elektronik Brushless ESC dan Motor ( COMBO ) low class 500rb , servo low class 150rb, Remot GT2 bawaan hsp 200rb , batre lipo murah sekitar 250rb , Charge analog 150rb , body dan ban 300rb = total 2.350.000 saja ( tapi ingat ini gambaran harga bila barang yang kita beli second semua ya kalau baru bisa lebih sepertinya ) dan kita sudah punya satu set RC Drift yang memang dilahirkan untuk drift biarpun spek murah dan low , karena dikemudian hari kita bisa pelan - pelan membangun dan mengupgrade kit jenis ini daripada kit jenis LOW ENTRY CLASS

KELAS MID ENTRY ( Standard ) : Berkisar antara 4 Juta s/d 6 Juta Rupiah sesuai spek mesin yang dipakai ( SAKURA , STREETJAM , MST , YOKOMO , WHITEWOLF , TEH , X RACING dll )
kelas ini biasanya spek paling standard bila kita merakit RC Drift dana yang dikeluarkan oleh pehobby untuk kelas yang dibilang ( aman ) spek yang sudah sesuai dan lumayan untuk latihan atau ikut kompetisi

KELAS PROFESSIONAL ( Competition ) : Berkisar antara 7 juta s/d 20 juta lebih sesuai spek mesin dan option part yang dipakai ( SAKURA , STREETJAM , MST , YOKOMO , ENROUTE , RCART , OVERDOSE , GRK GLOBAL dll )
kelas ini dibilang sudah hardcore dan sudah memiliki spek mesin , brand dan perlengkapan yang kompetitif untuk mengikuti kompetisi untuk bersaing dengan spek spek lawannya yang biasanya tidak kalah mahal karena di event kompetisi rc drift kita bisa menemukan bermacam macam spek rc drift.


REVIEW dan UNBOXING RC ELECTRIC PROPORTIONAL 
Untuk Pemula ( HSP Flying Fish / Exceed ) LOW ENTRY CLASS



RC ELECTRIC PROPORTIONAL 
DRIFT PROFESSIONAL CLASS ( COMPETITION )



Nah sudah sedikit mengerti kan soal RC Elektrik sekarang? karena itu tidak aneh bila hobby rc banyak digandrungi kaum dewasa karena sebab harga RC EP itu tidak tergolong murah bila kita kupas ilmunya lebih dalam lagi.

Pembahasan RC ENGINE


  • RC GP ( Gasoline Proportional ) : RC Kelas ini bisa dibilang RC yang sudah masuk kategori RC Hobbies , RC GP / Engine Sistem proportionalnya tidak jauh berbeda dengan RC EP Elektrik tapi yang satu ini menggunakan bahan bakar yang biasanya disebut FUEL ( Methanol ) yang pada umumnya menjadi bahan bakar utama untuk menggeraki sistem mesin 2tak nya yang tidak jauh beda dengan mesin kendaraan bermotor. adapun beberapa RC GP yang menggunakan bensin/pertamax untuk menjadi bahan bakar utamanya namun biasa ditemu di rc monster atau rc berbadan besar skala 1:8 keatas. untuk rc sedan skala 1:10 biasanya menggunakan methanol.kadang orang menyebutnya dengan RC NITRO / RC BENSIN :D
REVIEW VIDEO RC GP EXCEED RC 4WD NITRO BUGGY ( RC GP Untuk Pemula )



++ KOMPONEN Dan PENGETAHUAN DASAR ++
  • KIT/Chassis : Rangka atau basis sebuah RC. Kit Only berarti hanya chasis tanpa komponen dan elektronik lain. biasanya RC Drift yang diutamakan kualitas hanya menjual Kit Only dari pabrikan dan menyerahkan komposisi elektrik ke konsumen untuk merakit 
  • RTR (Ready To Run) : RC yang sudah siap pakai atau jalan dan tanpa tambah komponen lain udah tinggal gaspoll 
  • RTD ( Ready To Drift ) : RC yang diperuntukan untuk drift atau ready to drift udah siap ngesot enak tanpa upgrade ini itu.. biasanya sudah FOW ( Front one way ) , CS ( Countersteer ) adapun yang masih Gaya drift 50:50
  • RTF ( Ready To Flight ) : Biasanya sebutan ini digunakan di dunia aeromodelling untuk status pesawat/heli yang sudah tinggal diterbangkan.
  • ARTR ( Almost Ready To Run ) : biasanya kurang beberapa komponen untuk jalan seperti tinggal nambahkan battery atau remot. intinya RC yang hampir jadi perakitannya

Sistem penggerak 2WD dan 4WD di mobil sungguhan
  • 2WD ( 2 wheels drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan dua roda depan / belakang
  • 4WD ( 4 wheels drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan empat roda, roda belakang dan depan
  • RWD ( Rear Wheels Drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan roda belakang saja termasuk 2wd
  • FWD ( Front Wheels Drive ) Sistem Penggerak yang memutarkan roda depan saja termasuk 2wd
  • AWD ( All Wheels Drive ) : Sistem Penggerak yang memutarkan empat roda, roda belakang dan depan sama dengan 4WD
  • TX ( Transmitter ) : adalah sebutan untuk sebuah alat kontrol yang biasa kita sebutREMOT TX ada 2 jenis yaitu :

  •  1. AM/FM atau MHZ (Megahertz) yang teknologinya masih mengandalkan sistem crystal pada remot jadi remot jenis ini menggunakan channel tertentu untuk menyambungkan remot dengan rc nya. jadi masih ada kemungkinan beradu sinyal mobil dengan mobil lain. contoh : 2 mobil berbeda tetapi dengan channel sama misalnya 40mhz dan ada 1 remot channel 40mhz maka kedua mobil tersebut bakal terkontrol oleh 1 remot. yang kedua teknologi terbaru 
    2. Digital GHZ ( Gigahertz ) 
    remot jenis ini adalah inovasi teknologi baru yang dipakai oleh produsen transmitter masa kini teknologi ini memungkinkan tidak adanya sinyal beradu antara remot dengan remot lain karena sudah terpairing dengan RX ( Receiver ) nya yang sudah dipasangkan dengan remot tersebut. dan bentuknya yang simple tidak butuh kabel panjang maupun antena panjang menjulang menjadi andalan para drifter memilih remot dengan teknologi ini.







Receiver Sanwa RX471
  • RX ( Receiver ) : sesuai namanya receiver adalah sebuah alat yang menerima pancaran sinyal dari TX ke RX Receiver dipasangkan / di pairing dengan Remot tertentu dengan cara binding. ibarat RX adalah teman sejodohnya TX / Remot.
  • PCB ( Printed Circuit Board ) : atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya. PCB Di RC QD berfungsi sebagai otak utama elektrikal penggerak yang saling berhubungan dengan komponen lain di RC QD
    Gambar PCB & RELAY RC QD
  • RELAY : Relay adalah saklar listrik/elektrik yang membuka atau menutup sirkuit/rangkaian lain dalam kondisi tertentu. Jadi relay pada dasarnya adalah sakelar yang membuka dan menutupnya ( open dan closenya) dengan tenaga listrik melalui coil relay yang terdapat di dalamnya. Pada awalnya sebuah relay di anggap memiliki coil/lilitan tembaga/cooper yang melilit pada sebatang logam, pada saat coil di beri masukan arus/ tegangan listrik/elektrik maka coil akan membuat medan elektromagnetik yang mempengaruhi batang logam di dalam lingkarannya tersebut untuk menjadikannya sebuah magnet. Relay biasanya digunakan di RC QD sebagai sistem penggerak maju mundur dan beloknya secara 1 arus speed. RELAY PADA RC QD Berada di papan PCB ( itu loh yang bentuknya kotak seperti dadu ). relay biasanya berfungsi masing masing sesuai fungsinya untuk maju mundur dan belok beloknya. kemungkinan bila RC QD Mati dan tidak jalan ada masalah di relay yang biasanya putus/mati atau terbakar sehingga tidak bisa berfungsi kembali.

    ESC Brushed ( kiri ) dan ESC Brushless ( kanan ) ESCBDvsBL.
  • ESC ( Electronic Speed Control ) : diartikan sebagai penggerak atau otak utama dari sebuah RC EP karena ESC Ini bertugas mengkontrol semua sistem pergerakan elektronik di RC EP Secara komputerisasi. terutama Maju mundur dan rem. tanpa servo RC masih bisa menyala tapi tanpa ESC Rc tidak akan bisa menyala karena semua perintah ON/OFF ada disini. ESC TERBAGI 2 JENIS yaitu BRUSHED danBRUSHLESS : 1. BD (Brushed Motor Control): bila brushed itu sistemnya pada motor / dinamo terutama. brushed pada dinamo sistemnya adalah yang berputar adalah kumparannya dan magnetnya statis atau diam. 2. BL ( Brushless Motor Control ) : bila pada brushless sistemnya kebalikan dari Brushed yaitu kumparan yang diam dan magnet yang berputar. dan brushless pun memiliki 2 tipe SENSOREDdan SENSORLESS : sensored ( dengan sensor ) kelebihannya sistem kerja akan lebih halus ketimbang sensorless ( tanpa sensor ) yang kerjanya sedikit lebih kasar dari sensored.

  • MOTOR ( Dinamo ) : sistem penggerak yang berfungsi memutarkan arus listrik menjadi sebuah gaya yang dihasilkan. Motor pun ada 2 jenis BL / BD dengan sensor atau tanpa sensor sesuai esc yang dipakai. 
  • Membedakan BRUSHED dan BRUSHLESS : BRUSHED Biasanya menggunakan 2 kabel +/- yang menyambung dari ESC ke MOTOR , BRUSHLESS Biasanya menggunakan 3 kabel yaitu ABC yang menyambung daru ESC ke MOTOR. ( lihat gambar diatas ESCBDvsBL
Kedua komponen teresebut ada yang bisa nyemplung ke air dan ada juga yang tidak , ESC dan MOTOR yang bisa masuk di air / tahan air disebut ESC/MOTOR WP ( Waterproof ) dan ESC/MOTOR non WP yang tidak bisa anti air. adapula teknik merubah ESC/Motor  non WP menjadi WP manual menggunakan sealand dan melapis di seluruh komponen elektriknya.

  • SERVO : adalah sebuah perangkat elektronika yang terdiri dari motor dan beberapa komponen elektronik didalamnya. servo berguna menggerakan steering sehingga RC dapat berbelok dengan proportional atau juga digunakan sebagai penggerak pengatur Throttle pada RC ENGINE Servo pun ada 2 jenis yaitu SERVO ANALOGdan SERVO DIGITAL

Trackstar Gyro RC DRIFT
  • GYRO ( Gyroscope ) : Giroskop adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip momentum sudut. Secara mekanis, giroskop berbentuk seperti sebuah roda berputar atau cakram di mana poros bebas untuk mengambil setiap orientasi. Meskipun orientasi ini tidak tetap, perubahannya dalam menanggapi torsi eksternal jauh lebih sedikit dan berlangsung dalam arah yang berbeda jika dibandingkan dengan tanpa momentum sudut, yang berkaitan dengan tingginya tingkatputaran dan inersia momen. Orientasi perangkat tetap sama, terlepas dari gerak platform pemasangan, karena pemasangan perangkat pada sebuah gimbal akan meminimalkan torsi eksternal.Cara kerja giroskop yang berlandaskan pada prinsip-prinsip operasi lain juga ada, misalnya giroskop MEMS perangkat elektronik yang ditemukan pada perangkat elektronik konsumen, cincin laser, giroskop optik serat, dan giroskop kuantum yang sangat sensitif. Gyro pada RC Biasanya digunakan sebagai penyembang untuk RC HELI / PESAWAT / Drone atau Di Dunia RC DRIFT alat ini biasa digunakan sebagai penyeimbang steering untuk RC DRIFT RWD yang banyak digunakan oleh drifter rc rwd pada kit rc nya.
Berikut adalah cara kerja Gyro di RC Drift beserta penjelasannya


Pembahasan ACCECORIES DEVICE :
biasanya perangkat ini dipasang di kit untuk menampilkan nilai value tambah untuk kit agar telihat lebih realistic berikut accesories umumnya pada rc drift :

SMOKE EFFECT / BURN EFFECT ( Efek asap )



Efek asap yang keluar dari alat yang dipasang didalam kit agar terlihat realistic ketika mobil drifting terlihat asap keluar seperti drift mobil sungguhan biasanya device ini tersedia dari pabrikan yang membuat atau adapun yang membuat sendiri atau DIY ( do it yourself ) 

Berikut video cara alat ini bekerja :



REALISTIC ENGINE SOUND EFFECT ( Alat suara mesin )


alat ini disambungkan ke esc rc elektrik dan bekerja mengikuti putaran rpm mesin alat ini akan memunculkan suara mesin ketika digas seperti mobil asli dan juga ada versi dimana keluar suara blow off turbo yang menambah nilai keindahan dan realistic untuk rc drift
berikut cara kerja alat ESS ONE :


REALISTIC LIGHT KIT ( Lampu realistic )

biasanya alat ini disambungkan ke esc dan cara kerjanya ada beberapa jenis tergantung versi dan merk yang kita pakai contohnya light kit ini bisa menggunakan beberapa mode seperti : strobo , flashing , lampu darurat , lampu rem , dan lampu sein yang otomatis di kontrol via Remot
berikut cara kerja alat tersebut :




Pembahasan CHASSIC ( KIT RC ) :

Perbedaan KIT RC Belt Driven Dan Shaft Driven
pada dasarnya kit RC ada dua jenis yaitu BD ( Belt Driven ) dan SD ( Shaft Driven )



BELT DRIVEN : belt driven adalah sistem penggerak yang menggunakan karet kopel / tali sabuk yang menjadi sistem penggerak antara gear dengan gear lain.
kelebihan:
1. Lebih mudah untuk dikendalikan, kendali lebih halus, sedikit atau tidak ada torsi stir berlebihan karena tata letak dan orientasi motor
2. Lebih halus daripada Shaft Driven; lebih efisien dan sistem penggerak lebih halus
3. Lebih banyak pilihan untuk modifikasi option countersteer.
kekurangan:
 1. Belt dari waktu ke waktu akan habis lebih cepat dari gear shaft driven , dan perlu diganti bila sudah aus atau botak pada permukaan teeth ( gigi ) beltnya karena belt yang sudah aus seringkali selip atau putus
2. Belt akan cepat putus bila terkena atau tertahan oleh puing-puing kecil seperti kerikil yang bisa masuk ke permukaan belt atau ke gear diffrential yang menahan laju belt dan menyebabkan kerusakan




SHAFT DRIVEN : shaft driven adalah sistem penggerak yang menggunakan shaft ( sebuah besi panjang / penyambung berfungsi untuk memindahkan atau meneruskan tenaga dari satu gear ke gear lain ) untuk menghubungkan gear depan dan belakang dan menggunakan bevel gear untuk menghubungkan shaft ke wheel axle/ diff gear. shaft di indonesia biasa di sebut gardan yang ada di mobil mobil pada umumnya.
Kelebihan :
1. Pengiriman daya lebih cepat dan respon throttle lebih cepat.
2. Pemeliharaan mudah kuat dan lebih awet serta rentan terhadap kerusakan, bagus untuk parking lot bashing atau untuk bermain di permukaan yang kurang rata dan halus.
Kekurangan:
 1. Torsi Stir torsi yang dihasilkan dari motor yang mempengaruhi kehalusan kemudi.
2. lebih kasar dalam sistem penggeraknya
3. Pilihan lebih sedikit ( bahkan tidak ada ) untuk modifikasi countersteer.



RC Touring ( Race )
RC Touring adalah jenis rc yang umumnya diperlombakan secara balapan di sirkuit / track , sistemnya seperti balapan biasa ada Time Attack ( perlolehan waktu ) atau Race pada umumnya juara 1 2 3 yang bisa mencapai garis finish paling cepat dialah pemenang tidak seperti drift yang harus menggunakan juri untuk berjalannya lomba / race , touring cukup menggunakan garis finish dan catatan waktu untuk menentukan juara. biasanya track rc touring menggunakan surface aspal atau semen dimana dibuat berliku berliuk dan lurus sesuai layout yang dibuat. sama seperti yang sudah dibahas diatas RC Touring biasanya menggunakan BATTERY atau EP Class atau ENGINE ( Methanol / Gasoline ) atau GP Class
chassis / kit biasanya menggunakan sistem 4WD atau 2WD FF ( Penggerak Depan ) dan juga 2WD Penggerak belakang


Pembahasan BATTERY ( Tenaga utama RC Electric )

JENIS JENIS BATTERY YANG BIASA DIPAKAI DI DUNIA RC


Battery NICD ( nickel Cadmium ) 
batre jenis ini biasa dipakai di RC Toys / RC QD karena harganya yang cukup murah, Baterai ini merupakan jenis tertua, paling tahan banting, namun berat dan volumenya paling besar. Baterai jenis ini sudah tidak lagi banyak digunakan karena dianggap tidak praktis. Baterai NiCad sangat rentan efek memori. Maksudnya, baterai hanya mengisi ke tingkat dimana baterai terakhir di-discharge, akibat proses akumulasi gas yang terperangkap dalam plat sel baterai. Jika baterai di-discharge hingga 30 persen dan di recharge, maka baterai hanya akan mengisi energi yang terpakai tadi (30 persen) yang dilanjutkan dengan penyusutan volume “gas” yang terperangkap. Cara terbaik untuk menghilangkan efek memori dan membuang sisa gas terperangkap adalah dengan melakukan “burping”, atau mengkondisikannya. Maksudnya, menghabiskan seluruh isi baterai pada baterai hingga benar-benar kamerea mati dan melakukan re-charging. Selain itu kendati tidak dipakai, batere akan kehabisan seluruh dayanya setelah sekitar 90 hari  jadi memory effect di batre ini yang menyebabkan kenapa batre nicd sering ngedrop :)


Battery NiMh ( Nickel metal hydride )
battery jenis ini biasa dipakai di beberapa RC QDdan RC EP Pabrikan atau RC EP Low Spek , Baterai ini menggantikan kadmium dalam NiCad dengan campuran yang membuatnya mampu menahan lebih banyak energi (40%) pada ruang yang sama dibandingkan NiCad. NiMH merupakan pengembangan dari NiCd, dibanding NiCd dengan volume sama, kapasitasnya jauh lebih besar. Namun, seperti halnya NiCd, NiMH juga rawan terhadap memory effect meski tidak sebesar NiCd. Beberapa produsen baterai bahkan menyatakan NiMH produknya bebas memory effect. Seperti Sanyo eneloop, daya yang ada perlahan-lahan akan habis walaupun batere tidak dipakai.Fenomena ini muncul saat baterai yang belum habis dipakai sudah di-charge ulang. Bila dilakukan berkali-kali baterai dapat kehilangan kapasitasnya dan hanya mampu menampung sedikit daya saja sebelum dengan cepat habis. Memory effect dapat dihilangkan dengan mengosongkan baterai sampai habis sebelum mengisi ulang. di DUNIA RC baterai ini biasa disebut dengan nama Baterai LONTONG mungkin karena bentuknya yang mirip lontong ( tapi coba kasih bumbu enak kaga ya ? ) hahaha


Battery Li-Ion ( Lithinum Ion )
baterai jenis ini jarang dipakai di dunia RC tapi ada beberapa produsen di DUNIA RC yang menggunakannya sebagai power utama untuk RC nya , menjadi batere standar pada gadget masa kini. Dibandingkan batere dengan bahan nikel, Li-Ion lebih efisien energi dan tidak memiliki efek memori, tetapi juga lebih mahal harganya. Namun batere tipe ini tidak boleh dibuang sembarangan karena bisa meledak (walaupun hanya terjadi beberapa kali per satu juta batere). Dibandingkan NiMH, siklus isi ulang batere Li-ion lebih pendek setengahnya ( 1000 vs. 500 kali).
Ada kelemahan lain. Jika daya batere benar-benar habis dan voltase-nya turun di bawah ambang tertentu, kapasitas energi batere Li-ion akan menciut secara permanen. Karena itulah batere dirancang untuk mati jika dipasang setelah waktu tertentu. Biasanya, jika Anda punya gadget dengan batere bertipe isi ulang, tipe Li-Ion-lah yang dipakai. Jika tidak, mungkin baterenya berjenis Li-Poly. kebanyakan batre ini banyak di pakai di Mini RC dan Heli



Battery Li-Po ( Lithium Polymer ) VERY RECOMENDED !!
Baterai jenis ini baterai paling populer di gunakan di dunia RC , Baterai Lithium Polimer (Li-Po) merupakan Baterai tercanggih dan paling maju dalam dunia Baterai saat ini. Keunggulan utamanya adalah ratio Power to Weight nya dan memungkinkan baterai dicetak sesuai dengan keinginan.
Dengan 2 kemampuan tsb diatas lah sehingga RC dapat dibuat dalam ukuran mini.

Selain memiliki Keunggulan, Li-Po juga memiliki kelemahan/kekurangan.
Sifatnya yang sensitif dan mudah rusak apabila diperlakukan dengan tidak tepat.
Memiliki bahaya resiko explosive jika overcharge, di tusuk atau bocor.
Bahaya kebocoran Lipo Battery berikut video demografi bila ada kerusakan pada lipo biasanya disebabkan oleh kebocoran atau konsleting dan juga salah dari perawatan ( video berikut hanyalah test untuk menggambarkan bagaimana lipo jika meledak jadi JANGAN DI TIRU DIRUMAH YA !!! serem guys saya sendiri dan pasti beberapa teman teman yang sudah lama berkecimpung di dunia rc sudah pernah ngalamin namanya lipo blow up on fire !! keep safety ya




Kadang-kadang bisa menjadi sulit untuk mengetahui baterai yang terbaik untuk aplikasi Anda.
Untuk R / C ada berbagai macam baterai yang tersedia dan sementara banyak mungkin sesuai dengan aplikasi Anda tujuan utama Anda adalah untuk membeli baterai yang akan;
- Berada dalam anggaran Anda
- Memiliki siklus hidup yang panjang
- Memiliki ukuran yang benar dan berat
- Memberikan waktu pemakaian terlama
- Dapat memberikan tegangan yang benar / amp (Power)
Kami berharap panduan sederhana ini membantu Anda memahami berbagai jenis LiPoly (Lithium Polymer) dan baterai yang tepat untuk model Anda.
Anda mungkin telah memperhatikan sekarang bahwa baterai memiliki peringkat yang berbeda, ukuran, busi, kawat, tingkat biaya dan susunan kimiawi. 

Kapasitas (mAh).
Hal ini biasanya jumlah terbesar ditampilkan pada bungkusan dan diukur dalam mAh (milliamp / jam) atau Ah (Amp / jam). Kapasitas merupakan indikator pertama dari ukuran baterai. Untuk menjaga hal-hal sederhana, pikirkan kapasitas (mAh) sebagai jumlah bahan bakar dalam tangki gas mobil Anda. Sebuah tangki kapasitas yang lebih tinggi akan menjalankan mobil Anda lebih lama. Baterai 4000 mAh akan berlangsung selama dua kali lebih lama baterai 2.000 mAh.
Baterai 2.000 mah akan (secara teori) berjalan selama 1jam jika dikeringkan pada 2.000 Milliamps konstan.

Discharge (C)
Discharge adalah jumlah daya baterai bisa 'mendorong' keluar dan nomor yang ditampilkan '20C 'adalah penggandaan kapasitas. Misalnya; Baterai 20C debit di 20 x 2.000 mAh yang 40.000 mAh atau 40Amps.
Ini merupakan nomor penting jika Anda tahu RC Anda membutuhkan tingkat daya tertentu.
Selain ini, baterai 'Burst' menilai suatu, yang merupakan jumlah daya baterai debit untuk waktu yang singkat, biasanya 10-20 detik. Label baterai yang khas mungkin menunjukkan 20-30C, ini berarti baterai 1000 mAh bisa debit 20.000 mAh terus-menerus atau memberikan 10-20 tiba-tiba dan singkat kedua 30.000 mAh (30A) burst kekuasaan.
Tip: 'C' baterai peringkat A yang lebih tinggi akan bertahan lebih lama jika dijalankan pada tingkat 'C' lebih rendah. Contoh: menjalankan baterai 30C maksimum 20C akan memiliki siklus hidup lebih lama daripada lari 20C 20C di setiap penerbangan.

Tegangan (S)
Semua lithium Polymer sel dalam setiap industri memiliki tegangan nominal 3.7V per sel. Ketika terisi penuh sel LiPoly harus 4.2v dan ketika habis itu tidak boleh di bawah 3v.
Anda akan melihat bahwa LiPoly RC paket terdiri dari lapisan beberapa sel. Jika rating baterai adalah 3S ini berarti adalah 3 x 3.7V yang 11.1v. Ini memiliki 3 lapisan 3.7V masing-masing. Dengan kata lain, its a pack '3 sel '.

Berat / Ukuran
Untuk baterai yang akan tepat untuk model Anda harus cocok dalam baterai model dan juga menyeimbangkan Berat dengan benar.
Ini pekerjaan temporer untuk memilih baterai terbesar dan paling kuat model Anda bisa menangani, tetapi hal ini akan mengorbankan kinerja penerbangan dan jika paket tegangan Anda terlalu tinggi; menghancurkan ESC atau Motor anda
Periksa ESC dan spesifikasi Motor untuk memastikan Anda memiliki paket tegangan kanan kemudian memeriksa model CG (Center of Gravity) untuk menentukan berat baterai yang tepat.

LiPoly Pengisian
Selalu gunakan pengisi baterai lithium Polymer dan tidak pernah mengisi baterai di atas 4.2v per sel. (Contoh: 2S, tidak pernah di atas 8.4v)
Jangan biarkan baterai pengisian tanpa pengawasan.
Jangan pernah membiarkan tegangan baterai turun di bawah 3v per sel. (Contoh: 3S, tidak pernah di bawah 9v)

Usahakan gunakan lipo balancer atau digital charger saat mengecasnya
Berikut cara mengecas lipo menggunakan digital charger




Basic fungsi yang biasanya terdapat di digital charger untuk lipo yaitu : Charge ( Pengisian ) , Balance ( Pengisian dan Menyeimbangkan sel 1 dan sel 2 ) , Discharge ( Membuang isi power dari battery ) , Fast Charge ( Pengisian Cepat ) , Storage ( Penyimpanan dan mode ini penting bagi lipo yang tidak dipakai lebih dari 2 hari agar tidak kembung )

Untuk lipo 2S 7.4V 5000mAh saya biasanya mengecas menggunakan 3A untuk mode merawat battery karena semakin besar nilai Ampere maka akan semakin cepat pengecasan dan bila saya ingin cepat mengisi battery saya gunakan 5A dalam kondisi misalnya sedang kompetisi yang tidak bisa menunggu lama karena sudah mau race tapi dalam latihan untuk lebih menjaga kondisi battery sebaiknya cas gunakan ampere kecil saja biar lebih awet dan sedikit tips untuk mengecas yaitu gunakan Balance mode jangan terlalu sering jadi bila itungan 7x Sebaiknya 5 Charge mode biasa dan 2 Balance karena balance battery terlalu keseringan juga tidak baik bagi battery


Nah Udah ngerti Seputar Dasar RC Hobbies ?
Sekarang waktunya Kupas Tuntas Detail Tentang Teknik RC DRIFT masuk sini :






Sekian dulu penjelasan saya tentang dunia RC tunggu UPDATE selanjutnya lebih detail lagi tentang RC dan Dunia RC

Mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan dan informasi yang kurang jelas bisa tanyakan saya langsung untung kembali mengupdatenya. sekian dari saya SALAM PUTAR REMOT

Best Regard,
Yogie Ramadhan Founder BROWN ( Bogor RC Owners )

Versi note update : 15/06/16
Punya Refrensi ? Ingin dimuat disini ? tolong tuliskan di kolom komentar atau kirim ke kontak saya 

source : pengalaman pribadi dan refrensi dari sumber sumber terpercaya di internet yang saya tulis ulang kembali.